Dua bandara asal Indonesia masuk dalam kategori bandara terbaik 2025. Skytrax memberikan nilai terbaik bagi Bandara Soetta dan Ngurah Rai.
Skytrax melakukan survei terhadap 13 juta pengguna angkutan udara periode Agustus 2024 hingga Februari 2025. Survei ini meliputi lebih dari 100 negara dengan 565 bandara terbaik dunia.
Survei ini meliputi pemberian rating bandara berdasarkan pengalaman penumpang selama mendapat pelayanan mulai dari titik-titik layanan bandara.
Penilaian ini juga meliputi saat penumpang mulai check-in, , kedatangan, keberangkatan, transfer, shopping, imigrasi, pemeriksaan keamanan hingga imigrasi.
Hasilnya dua bandara Internasional asal Indonesia yaitu Bandara Soekarno Hatta (CGK) dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS) masuk jajaran bandara terbaik dunia versi Skytrax.
Pemberian ajang penghargaan bandara terbaik versi Skytrax “World Airport Awards” berlangsung di Passenger Terminal Expo 2025 Madrid Spanyol, Rabu (9/4/2025).
Dalam kategori World’s Top 100 Airports 2025, Bandara Soekarno-Hatta yang sebelumnya berada pada posisi 28 kini naik ke peringkat 25.
Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk 10 besar untuk kategori World’s Best Airport Immigration Services 2025 dan Best Airport Staff in Asia 2025.
Bandara terbesar Indonesia ini juga mendapat pengakuan atas peningkatan kualitas layanannya, dengan menyabet status Certified 4 Star Airport Rating 2025.
Tak hanya Bandara Soekarno Hatta , penghargaan ajang bandara terbaik dunia juga diraih Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.
Untuk kategori World’s Top 100 Airports 2025, bandara ini naik dari posisi 74 ke urutan 72. Bandara I Gusti Ngurah Rai juga peringkat 6 kategori Best Regional Airports in Asia 2025.
Waspada! Warga RI Makin Doyan Pinjol dan Paylater
BCA Raih 2 Penghargaan Berkat Inovasi Berkelanjutan
Sementara itu, Dirut InJourney, Maya Watono mengatakan transformasi bandara merupakan proses yang penting untuk perkembangan industri penerbangan dan pariwisata Indonesia.
Sebagai wajah suatu negara, Maya menyebut kualitas layanan bandara yang baik memberikan kesan pertama yang akan menjadi kenangan saat orang pertama kali datang ke Indonesia.
“InJourney bertekad akan terus mendorong transformasi bandara sehingga semua bandara kita memiliki standar layanan yang berkualitas,” pungkas Maya.(eva)
Tidak ada komentar