Bukan Miangas, Pulau Rondo Pulau Paling Utara di Indonesia

F. G. Tangkudung
4 Jun 2023 12:26
Jelajah 0 616
2 menit membaca

Pulau Rondo, yang secara administratif masuk wilayah kota Sabang, Provinsi Aceh adalah pulau paling utara Indonesia.

Selama ini, Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, sering disebut menjadi wilayah paling utara Indonesia. Benarkah demikian?

Ternyata, secara geografis wilayah paling utara Indonesia adalah Pulau Rondo di Provinsi Aceh. Letaknya berada di sebelah utara Pulau Weh dengan koordinat 6°4′30″N 95°6′45″E.

Awalnya pulau ini adalah titik nol Indonesia. Namun karena letaknya yang sangat jauh dan aksesnya sulit, titik nol Indonesia berpindah ke Kota Sabang.

Pulau Rondo hanya memiliki luas 0,4 km persegi terletak di Laut Andaman, berjarak 50 km dari lepas pantai Pulau Sumatra, di Provinsi Aceh. Pulau ini berbatasan dengan Kepulauan Nikobar, wilayah negara India.

Bandingkan dengan letak pulau Miangas di Sulawesi Utara yang berbatasan dengan wilayah Filipina. Pulau Miangas secara geografis berada di posisi 5°34′2″N 126°34′54″E.

Satu hal, mungkin yang menjadikan Pulau Miangas lebih sering disebut sebagai wilayah paling utara Indonesia karena faktor penduduk.

Pulau Rondo tak berpenghuni. Hanya ada menara mercusuar, pangkalan helikopter dan pos keamanan TNI.

Sementara Pulau Miangas dengan luas sekitar 3,15 km² memiliki penduduk kurang lebih 1000 jiwa (2022).

Ada hal yang menarik dari Pulau Miangas. Dulunya pulau ini menjadi objek sengketa antara pemerintah Hindia Belanda yang menjajah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat yang menguasai Filipina.

Pemerintah Filipina menyebut Pulau Miangas dengan Las Palmas dan memasukkannya ke dalam peta wilayahnya sejak tahun 1891. Belanda tak terima dan menggugatnya di Mahkamah Arbitrase Antarabangsa. Hasilnya, Hakim Max Huber mewakili Mahkamah Arbitrase Internasional memutuskan Miangas atau Las Palmas sah milik Hindia Belanda pada tanggal 4 April 1928.

Sekadar informasi, Pulau Rondo (Aceh) dan Pulau Miangas (Sulawesi Utara) masuk dalam daftar 11 pulau kecil terluar di Indonesia. Selain kedua pulau itu ada juga pulau Pulau Berhala (Sumatra Utara), Pulau Nipa dan Pulau Sekatung (Kepulauan Riau).

Gugusan Nusa Utara, Surga di Beranda Indonesia

Hotel.co.id Situs Cari Hotel Murah Terbaik

Selanjutnya, ada lagi dua pulau lain di Sulawesi Utara yakni Pulau Marampit dan Pulau Marore. Terakhir, ada tiga pulau di ujung timur Papua yakni  Pulau Fanu, Pulau Fanildo, dan Pulau Brass di Provinsi Papua. (fgt)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *