oleh

Seleksi Masuk Polisi: 2.629 Peserta Saling Sikut

-Berita-2.138 kali dibaca

Tahapan seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Bintara dan Tamtama tahun 2021, mulai bergulir, Selasa (13/4/2021).

Kegiatan seleksi dimulai ketika seluruh panitia seleksi, peserta dan orang tua peserta mengikuti acara penandatanganan pakta integritas.

Untuk Kota Bitung kegiatan ini berlangsung di Aula Endra Dharmalaksana Polres Bitung. Wakapolres Bitung, Kompol Prevly Tampanguma, memimpin langsung kegiatan ini.

Dalam pengambilan sumpah, panitia dan seluruh peserta seleksi sepakat berkomitmen untuk bersungguh-sungguh melaksanakan sistem seleksi yang penuh kejujuran dan bertanggung jawab.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini secara virtual juga menyanggupi untuk tidak melakukan KKN, serta konspirasi kepada siapa pun terutama untuk kepentingan diri sendiri.

Peserta dan panitia juga berjanji untuk tidak meminta, menerima dan memberi imbalan dalam bentuk apapun.

Apabila mnelanggar maka yang bersangkutan siap bersedia mengikuti proses, sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Terpisah, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko menegaskan, Kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas, merupakan salah satu bentuk keterbukaan Polri dalam melakukan seleksi penerimaan calon anggota Polri.

“Ini bentuk keterbukaan Polri dalam menerima anggota baru. Isi pakta integritas antara lain tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam seleksi ini,” katanya.

Darmoko menambahkan, seleksi ini baru saja mulai, ada beberapa tahapan penjaringan yang ketat.

Tahapan ini mulai dari pendaftaran online, verifikasi, pemeriksaan administrasi awal, hingga kesehatan tahap pertama.

Kalau lolos maka ada seleksi berikut berupa tes psikologi tertulis, akademik, pemeriksaan kesehatan tahap dua, kesamaptaan jasmani/renang dan anthropometri.

Seleksi tahap akhir berupa tes wawancara PMK dan Psikologi, administrasi akhir serta supervisi panpus.

Setelah semua peserta mengikuti tahapan, maka pengumuman kelulusan akhir melalui sidang kelulusan tingkat daerah.

“Semua kegiatan seleksi kami laksanakan dengan sangat ketat, dengan pengawasan dari  internal dan eksternal,” pungkas Wakapolda.

Sekadar informasi, untuk tahun 2021 Polri menerima Bintara didik sebanyak 10.650 orang, Tamtama sebanyak 700 orang (Polair 200 orang dan Brimob 500 orang).

Baca Juga:  PDIP Serang Jokowi Soal Vaksin: di Majalaya Mati 12

Untuk seleksi masuk polisi daerah Sulawesi Utara, pendaftaran mencapai 2.629 orang peserta. Terbagi atas Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) sebanyak 2.276 orang yang terdiri dari Pria 1.887 orang dan Wanita 389 orang.

Kemudian, Bakomsus TI (Pria: 184), Bakomsus Perawat 8 orang (Pria :4, Wanita: 4) dan Tamtama 161 orang (Brimob: 151 dan Polair: 10).

Sedangkan tes masuk polisi untuk Kota Bitung, pendaftaran Bintara PTU berjumlah 183 orang (Pria: 150 dan Wanita: 33).

Bakomsus TI (Pria: 19) dan Tamtama sebanyak 10 orang (Brimob: 9 dan Polair: 1).

(*/mir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed