oleh

New Nazareth, Penyanyi Lagu Terpesona yang Kini Viral

-Berita-1.054 kali dibaca

Sebuah lagu berjudul Terpesona dari New Nazareth asal Sulawesi Utara mendadak populer, usai menjadi menjadi yel-yel anggota TNI dan Polri.

Baca: Lagu Terpesona New Nazareth jadi Yel-yel TNI/Polri

Lagu ciptaan Samuel Takatelide itu, kini banyak menjadi lagu latar di aplikasi TikTok dan Instagram.

Lagu Terpesona sebenarnya, sudah populer di daerah asalnya, Sulawesi Utara. Vokal grup, New Nazareth mempopulerkannya sekitar tahun 2012.

Lirik lagu terpesona menceritakan seorang laki-laki yang begitu kagum dengan kecantikan wanita yang sangat rupawan.  

Dengan mata indah berbinar dan senyum berlesung pipi, kecantikan wanita itu mampu membuat sang pria gelisah. Tak berapa lama dia terbangun, ternyata wanita itu hanya ada dalam mimpinya.

New Nazareth adalah sekelompok pemuda yang memiliki harmonisasi suara yang khas. Mereka juga banyak menyanyikan lagu rohani dan lagu berbahasa daerah.

Lagu ini sering terdengar dalam tarian Masamper terlebih ketika masyarakat Nusa Utara melaksanakan Perayaan Tulude di awal tahun.

Vokal grup New Nazareth pada awalnya bernama Nazareth. Mereka spesialis lagu Masamper dan lagu Rohani.

Sebelum masuk dapur rekaman, vokal grup ini terdiri dari kakak beradik plus saudara dekat.  

Mereka adalah Samuel Takatelide, Perry Takatelide, Kambi Takatelide, Jufri Takatelide, Sonny Manoppo, Lius Manoppo dan (Alm.) Ewin Manoppo.

Samuel Takatelide menjadi motor grup ini sebagai pencipta (composer) sekaligus pengaransemen (arranger) lagu.

Tak terhitung piala dan penghargaan yang mereka raih. Vokal grup ini menjadi raja hampir setiap ajang menyanyi tingkat gereja dan swasta.

Medio 2000-an, grup Nazareth merombak manajemen dan pindah label rekaman. Sejak itu mereka berganti nama menjadi New Nazareth.

Banyak lagu mereka yang mengundang kagum. Harmonisasi suara mereka menjadikan vokal grup ini menjadi barometer lagu Masamper di Sulawesi Utara. Lagu lain yang populer adalah Menondong Pato.

Seiring waktu berjalan, grup ini mengalami beberapa kali pergantian personil. Samuel Takatelide juga mulai merekrut beberapa tokoh sebagai penulis lirik lagu.

Baca Juga:  Keren, Walikota Manado ke Kantor Pakai Sepeda

Nama tokoh Sangihe, Kasihan Mare menjadi satu aktor penting di balik kesuksesan mereka. Kasihan Mare merupakan bapak mertua dari Samuel Takatelide.

Penulis lirik lain yang menjadi rekrutan Samuel Takatelide adalah Jelly Ching Siwy, wartawan senior yang memiliki suara emas. Lirik lagu hitsnya adalah Menuju Muara.

Samuel Takatelide selaku pimpinan grup New Nazareth memang terkenal punya talenta hebat. Tangan dinginnya juga melahirkan grup Putra Galangan dan ST 25.

Kini dia sudah memiliki studio rekaman sendiri dan menjadi mentor bagi penyanyi-penyanyi muda Sulawesi Utara, terutama penyanyi lagu Masamper. (kay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed