oleh

Pemkot Manado Sedia Pekuburan Umum Gratis, Cek lokasinya Disini

Diakhir pemerintahan Walikota Vicky Lumentut, Pemkot Manado menyiapkan lahan pekuburan umum gratis bagi warga.

Pekuburan ini nantinya akan diatur untuk pemakaman masyarakat Kota Manado. Warga juga tidak dipungut biaya pemakaman.

Walikota menyebut, lahan pekuburan umum yang terletak di bilangan Kayuwatu ini berdiri diatas tanah milik Pemkot Manado.

“Pemkot siapkan lahan ini untuk semua warga Manado, dan tidak dipungut biaya,” kata Lumentut ketika mengunjungi lokasi pekuburan, Kamis (12/11/2020).

Dikatakan walikota, saat ini lokasi pemakaman di Manado sudah tidak memadai. Olehnya Pemkot berharap warga bisa menggunakan lahan baru ini.

“Lahan pekuburan di Manado tidak lagi memadai, maka saya mengimbau masyarakat untuk bisa menggunakan lahan milik pemkot,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Lumentut, kenyataan yang ada saat ini, banyak lahan pekuburan umum yang dikelola swasta, dan biaya pemakaman juga tidaklah murah.

“Memang masih banyak lahan pekuburan, tapi itu dikelola oleh swasta sehingga biaya pemakaman yang timbul juga tidak sedikit,” katanya.

Karena demikian, maka warga bisa memanfaatkan lahan yang disediakan pemerintah karena gratis,” tambah walikota dua periode ini.

Lebih jauh Lumentut menyebut, pekuburan ini akan dibagi dua yaitu pekuburan untuk warga muslim dan non muslim.

“Lokasinya akan dibagi, jadi ada khusus untuk warga muslim dan non muslim,” tandasnya.

Baca juga:  Pemprov Sulut Donasi Rp1 M untuk Palu

Diketahui, lahan pekuburan ini awalnya dibangun untuk pemakaman warga yang meninggal akibat terinveksi Covid19.

Pemkot membangun pekuburan ini karena tidak ingin melihat jenasah pasien Covid19, ditolak untuk dimakamkan di pemakaman uumum.

Letak lokasi pekuburan pemkot juga sangat strategis, karena berada di belakang lokasi pameran Kayuwatu Manado.

Dibagian lain, keputusan pemkot menyediakan pekuburan umum gratis bagi warga nendapat tanggapan dan pujian dari pengamat kebijakan publik, Fathur Ridho.

Kepada Newsantara.id, Ridho menjelaskan kebijakan dari walikota ini sangat cerdas. Karena melihat kebutuhan warga yang selama ini tidak mendapat perhatian.

“Saya melihat bila ada kasus kedukaan, apalagi warga kurang mampu, mereka selalu terbebani dengan biaya pekuburan yang mahal,” sebut dia.

Walau digratiskan kepada warga, Ridho berharap Pemkot Manado bisa mengatur proses pemakaman dengan baik dan teratur, sehingga masyarakat bisa dimudahkan.

“Walikota harus membentuk tim yang dikhususkan mengurus pekuburan. Mulai dari pendaftaran hingga proses pemakaman. Bila perlu makamnya dibuat teratur supaya rapi,” pungkasnya.

Sementara itu, pekuburan umum yang disediakan Pemkot Manado mendapat apresiasi dari warga.

“Bagus dong, jadi warga tidak lagi memikirkan biaya untuk membayar pekuburan. Kan pemkot bilang gratis,” sebut Norce Watung, warga Karame.

Dia juga berharap kedepan, pemkot bisa menyediakan pekuburan gratis di lokasi lain.(ath)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed