oleh

Sisir Sungai dan Sapu Laut, Cara FKPA Sulut Menyapa Alam

Bertajuk Pekan Bakti FKPA Sulut, memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10/) hingga Hari Pahlawan (10/11), sejumlah agenda terus digulirkan demi kelestarian lingkungan.

Forum Komunikasi Pecinta Alam (FKPA) Sulawesi Utara terus menunjukkan dedikasi tanpa pamrih untuk sang alam.

Bertajuk Pekan Bakti FKPA Sulut, memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10/) hingga Hari Pahlawan (10/11), sejumlah agenda terus digulirkan demi kelestarian lingkungan.

Rabu Siang (4/11/20), tak kurang 167 relawan Pecinta Alam tampak semringah menyusuri sepanjang Daerah Aliran Sungai, meski dipayungi awan mendung.

Tak ada gurat keterpaksaan atau kelelahan tergambar di wajah mereka.

Yang ada hanya rona keceriaan, bersenda gurau karena kembali berkumpul dengan sesama komunitas. Jelas terlihat, begitulah cara mereka menyapa alam.

Mereka menyisir sungai dari Jembatan Kairagi hingga Jembatan Megawati, sambil membersihkan sampah yang kasat mata.

Botol minuman, popok bayi, plastik, dan sejumlah sampah rumah tangga tak luput dari buruan mereka.

Perpaduan angkatan tua dan generasi milenial hanya punya satu misi, satu tujuan, merawat alam dan melestarikan lingkungan.  

FKPA Sulut yang baru dilantik awal Oktober ini, ternyata masih punya beberapa kegiatan hingga hari puncak, upacara sekaligus penaburan bunga di makam para pahlawan.

Ketua FKPA Sulut, Nanvie Kowaas Tagah kepada Newsantara.id menghaturkan terima kasihnya kepada semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan.

Baca juga:  Imam Besar Istiqlal Bungkam Pernyataan Eggy Sudjana

“Terima Kasih kepada Pemerintah Kota Manado dan semua pihak yang ambil bagian dalam aksi sisir sungai ini.” katanya.

Sekretaris Umum FKPA Sulut, Alexander Daud menambahkan, akan ada kegiatan serupa  yakni Sapu Pantai dan Laut di kawasan Boboca Malalayang, Antara Mantos – Megamas (Kuala Sario) dan sepanjang Kelurahan Karangria, Jumat (6/11/20).

“Terima kasih tak terhingga buat relawan Pecinta Alam, yang telah bersama-sama melancarkan kegiatan ini. Semoga bakti kita terhadap alam menjadi kesaksian bagi anak dan cucu kita. Kalau bukan kita, siapa lagi. Alam pasti bersahabat dengan kita” katanya.

Diketahui, Forum Komunikasi Pecinta Alam (FKPA) Sulawesi Utara dilantik Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen, Kamis (1/10/2020).

Ketua Umum FKPA Sulut dijabat Nanvie Jane Tagah dibantu Ketua Harian Marvrits Kanter, Sekretaris Umum Alexander Daud dan Bendahara Umum Jeane Neni Ratu.

Kala itu, Silangen berpesan FKPA Sulut bisa berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah terkait kegiatan pelestarian lingkungan dan kemanusiaan.

Bukan hanya itu, Silangen meminta FKPA bisa bahu-membahu memutus penyebaran Covid-19 di Sulawesi Utara.

Kegiatan Pekan Bakti FKPA Sulut ini dimulai dengan kegiatan Bersih Kota Manado, Jumat (30/10/20). Selain aksi Sisir Sungai dan Sapu Laut, ada juga kegiatan donor darah yang direncanakan pada 9 November.

Penulis: Kayla Carissa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed