10 Calon Juara Dunia Catur Pengganti Ding Liren

F. G. Tangkudung
28 Mei 2023 11:28
Sport 0 220
4 menit membaca

Ding Liren berhasil menjadi juara dunia catur klasik tahun 2023 setelah mengalahkan Ian Nepomniachtchi. Namun, ada beberapa nama pemain yang menjadi calon juara dunia catur yang mengancam posisi Ding Liren tahun 2025.

Siapa saja calon juara dunia catur?

Magnus Carlsen

Posisi pertama tentu saja milik pecatur GOAT atau Greatest of All Time (terbaik sepanjang masa), Magnus Carlsen. Dia adalah juara dunia catur 2013-2023. Juga juara dunia catur cepat dan catur kilat. Namun Carlsen memilih melepas mahkotanya bukan karena kalah dari penantangnya, tetapi alasan jenuh.

Magnus tampaknya tak akan sulit meraih satu tiket untuk turnamen kandidat 2024, jika dia memang ingin kembali merebut gelar juara dunia.

Ian Nepomniachtchi

Selanjutnya ada nama Ian Nepomniachtchi. Ian begitu dekat dengan gelar juara dunia 2023. Berulangkali memimpin, dia harus tergelincir secara menyakitkan. Dalam kejuaraan dunia, Ian Nepo melakukan beberapa blunder amatir.

Namanya ada di posisi teratas dalam turnamen kandidat 2024, sebagai runner up kejuaraan dunia 2023. Jika saja dia belajar melatih kesabaran dan berada di puncak penampilan, Ian akan menjadi pecatur yang menakutkan.

 Fabiano Caruana

Fabi merupakan penantang Magnus Carlsen pada tahun 2018. Selama dua belas babak keduanya bermain remis. Sayang, Fabi akhirnya kalah di babak tie break catur cepat. Permainan Fabi terkenal sangat stabil dan begitu posisional. Bersama Hikaru Nakamura, Fabi merupakan harapan AS untuk mengembalikan kejayaan Bobby Fischer.

Hikaru Nakamura

Nama Hikaru Nakamura ada di posisi berikut. Dia adalah raja catur cepat dan catur kilat. Bahkan, banyak pihak yang menyebutkan kalau Hikaru adalah lawan yang sepadan bagi Magnus Carlsen. Berulangkali pertemuan keduanya, begitu menghibur pecinta catur karena menghadirkan pertarungan yang ketat.

Dia terkenal dengan chanel yotubenya yang memainkan ribuan partai setiap bulannya. Hikaru juga adalah juara dunia catur Fischer 360 sejak tahun 2022.

Jan-Krzysztof Duda

Nama Jan-Krzysztof Duda juga menjadi calon juara dunia catur di masa depan. Sempat stagnan, kini dia mulai berbenah meningkatkan kemampuannya.

Jan-Krzysztof Duda adalah juara piala dunia catur tahun 2021, setelah mengalahkan Sergey Karjakin di partai puncak. Namun, hal yang paling mengesankan waktu itu, Duda mengalahkan Magnus Carlsen di partai semifinal lewat permainan endgame gajah sama warna yang luar biasa.

Wesley So

Pecatur berdarah Filipina Wesley So juga masuk dalam jajaran calon kuat juara dunia masa depan. Wesley stabil berada di jajaran pecatur elite. Dia adalah pemegang gelar juara dunia catur Fischer 360 tahun 2019.

Tentu saja hal yang paling teringat publik adalah kemenangannya di partai final. Wesley So membantai Magnus Carlsen tanpa ampun dengan skor begitu mencolok 13,5 – 2,5.

Alireza Firouzja

Anak ajaib dari Iran, Alireza Firouza. Sejak berpindah kewarganegaraan Prancis, Alireza makin kuat. Pada usia yang masih sangat belia, dia sudah menduduki peringkat dua dunia.

Namanya makin melambung ketika Magnus Carlsen ingin Alireza menjadi penantangnya pada kejuaraan dunia tahun 2023. Memang, dalam beberapa pertemuan Alireza kerap menyulitkan Carlsen dengan langkah-langkah tak terduga.

Nodirbek Abdusattorov

Satu lagi bocah ajaib, kini dari Uzbekistan, Nodirbek Abdusattorov. Dia terus menunjukkan permainan level atas.

Nodirbek adalah juara dunia catur catur cepat 2021, setelah menundukkan Ian Nepo di partai final. Bukan hanya itu, dia juga berhasil membawa negaranya Uzbekistan menjadi juara piala dunia catur beregu tahun 2022.

Dia punya kans kuat untuk menjadi calon juara dunia catur.

Domaraju Gukesh

Pecatur muda asal India ini juga menjadi calon kuat juara dunia di masa depan. Meski masih sangat muda, dia terus menunjukkan kematangan permainan.

Prestasi terbesarnya adalah sebagai pecatur terbaik papan satu dalam piala dunia beregu tahun 2022.

Arjun Erigaisi

Terakhir, ada nama pecatur muda lain asal India, Arjun Erigaisi. Bersama Gukesh, Nihal Sarin dan Rameshbabu Praggnanandaa, mereka menjadi kwartet pemain muda India yang begitu memesona.

Baca: Daftar Juara Dunia Catur dari Masa ke Masa

Arjun beberapa kali menjadi juara turnamen papan atas. Setidaknya DNA juara sudah lekat dengannya. Bukan tidak mungkin, kelak salah satu dari mereka akan menjadi pengganti juara dunia dari India, Vishi Anand. (BangKipot).

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *