oleh

Jabat Dua Periode, KPU Tetapkan Bendum PDIP Sebagai Gubernur

Bendahara Umum/ Bendum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Olly Dondokambey, resmi menjadi Gubernur Sulawesi Utara untuk periode kedua.

Penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berlangsung, Kamis (21/01/2021).

Baca: Kematangan dan Unggul Sumber Daya Jadikan PDIP Superior

Ini digelar dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada pemilihan tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Gran Kawanua Internasional Center, kota Manado.

Rapat pleno menghadirkan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh. Dia bersama Ketua Divisi Teknis KPU Sulut Yessy Momongan, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Lanny A. Ointu.

Hadir juga Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Yafeth Tinangon, Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Salman Saelangi, dan Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti.

Dalam rapat pleno terbuka KPU Sulut menetapkan calon Gubernur dan wakil Gubernur nomor urut 3, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) sebagai calon terpilih pilkada tahun 2020.

Pasangan ODSK sendiri dalam rapat pleno tersebut memperoleh suara terbanyak dengan perolehan suara 821.503.

KPU menyerahkan berita acara Pleno penetapan kepada pasangan calon nomor urut 1, nomor urut 2, dan nomor urut 3. Turut menyaksikan Bawaslu Sulut.

Hadir juga calon wakil gubernur nomor urut 2 Hendry Runtuwene dan calon Wakil Gubernur nomor urut 3 Steven Kandouw. Ada juga Wasek PDIP Sulut Novie Lumowa dan Wakil DPD PDIP Sulut Lucky Senduk.

Terlihat pula Wakapolda Sulut, Wakajati Sulut, Pangdam XIII Merdeka, Danrem 131 Santiago dan sejumlah Forkompinda.

PDIP Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 lalu menggapai keberhasilan yang luar biasa.

Terdapat sebanyak 14 orang calon usungan PDIP. 12 dari mereka sukses dalam Pilkada Calon Gubernur/Wakil Gubernur, Calon Bupati/Wakil Bupati, serta Calon Walikota/Wakil Walikota.

Dari 8 wilayah, yakni 1 Provinsi dan 7 Kabupaten/ Kota yang melaksanakan Pilkada, PDIP sukses menang 7 kontestasi.

PDIP Sulut menang telak di 7 daerah yang melaksanakan Pilkada. yaitu Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur yang juga Bendum PDIP, Olly Dondokambey-Steven Kandouw. Paslon Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angow – Richard Sualang.

Baca Juga:  Dua Motor Tabrak Mobil, Satu Tewas Mengenaskan

Berikutnya, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri – Hengky Honandar, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda- Kevin W. Lotulong. Lalu, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Carol Senduk -Wenny Lumentut.

Selanjutnya Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wongkar – Petra Yani Rembang. Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru- Deddy Abdul Hamid.

Namun ada satu Kabupaten yang gagal dimenangi yakni Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Suhendro Buroma – Rusdi Gumalangit yang diusung Partai PDIP dinyatakan kalah. Mereka keok dari Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sam Sachrul Mamonto-Oskar Manoppo.(jws)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.