Ian Nepo Blunder ala Pos Ronda

F. G. Tangkudung
27 Apr 2023 22:13
Sport 0 50
2 menit membaca

Ian Nepo blunder ala permainan pos ronda ketika melakoni game 12 Kejuaraan Dunia FIDE 2023, Rabu (26/4/2023).

Ding Liren yang memegang buah putih mengawali pembukaan d4 yang menuju Colle System of Queen’s Pawn. Permainan menjadi kompleks ketika Ding di langkah 17 memilih Bxf6.

Ian Nepo langsung unggul mutlak ketika kudanya mulai mengambil inisiatif serangan 18 Nb6 namun mendapat respon Bc2. Praktis Ian Nepo tinggal menunggu waktu untuk meraih kemenangan.

Namun, sebuah drama rentetan langkah blunder terjadi mulai langkah 27. Alih-alih memilih langkah kuda f3, Nepo memilih Benteng g8. Blunder itu ternyata mendapat balasan sama dari lawannya.

Ding memilih tidak memakan benteng Nepo di petak g6, malah melangkahkah menteri ke petak c6. Sekali lagi, Ian Nepo blunder parah ketika memilih memundurkan gajahnya ke b8.

Lucunya, Ding kembali membalasnya dengan blunder menteri b7. Langkah 29 benteng Nepo ke h6 membuat posisi kembali seimbang.

Namun Ding mulai menyadari posisinya mulai unggul. Dia mulai mengambil keuntungan sembari memperkuat pertahanan.

Hingga langkah ke 34, Nepo membuat semua penonton terkejut dan berteriak. Blunder pos ronda karena kurang kopi. Ian Nepo melangkah terlalu cepat tanpa analisa, kebiasaan yang juga membuatnya kalah atas Magnus Carlsen di ajang yang sama pada 2021.

Ian Nepo blunder, melangkah pion f5 yang membuat pion e6 tidak terjaga.

Kali ini Ding tak lagi berbuat kesalahan. Dia langsung menghukum Nepo. Praktis Nepo sudah kalah. Nepo yang sadar langkahnya sebuah kesalahan besar langsung meratapinya. Terlihat dia begit terpukul dan menyalahkan diri.

Hingga akhirnya Nepo menyerah di langkah 38. Sebuah partai konyol nan penuh drama yang terjadi di sebuah kejuaraan dunia. Hasil ini membuat Ding Liren menyamakan poin menjadi 6-6.

Game 13, kembali berlangsung Kamis (27/4/2023). Ian Nepo kali ini memegang buah putih.

Satu hal menarik, Ian Nepo kini memakai kemeja putih, meninggalkan kemeja merah muda yang sudah dia kenakan sejak game 7. Mungkin kini dia tak lagi percaya kemeja pink itu membawa kemujuran.

Nepo kembali memainkan pembukaan Ruy Lopez andalannya. Keduanya bermain cukup hati-hati. Pada langkah 25, Ding memilih pertukaran kualitas benteng dengan gajah dan berlanjut pertukaran menteri. Meski begitu,  Nepo tak memiliki keunggulan berarti.

Langkah berulang terjadi ketika benteng Nepo terus mendapat ancaman kuda Ding. Keduanya sepakat remis pada langkah 40.

Hasil remis ini, membuat penentuan akan terjadi game terakhir. Namun, kali ini Ding mencapat sedikit keuntungan. Dia akan memegang buah putih.

Baca: Pertahanan Sempurna Ian Nepo

Game 14 akan berlangsung Sabtu (29/4/2023). Jika keduanya masih bermain imbang. Minggu (30/4/2023) dan Senin (1/5/2023) akan berlangsung partai catur cepat. (BangKipot)