Wei Yi Juara Tata Steel 2024

F. G. Tangkudung
29 Jan 2024 19:05
Sport 0 101
2 menit membaca

Pecatur asal Tiongkok Wei Yi berhasil menjadi juara turnamen Tata Steel 2024 di Wijk aan Zee, Belanda, Senin (28/1/2024).

Secara dramatis, grandmaster 24 tahun ini mengalahkan Domaraju Gukesh dalam babak final tie break dengan memainkan partai catur kilat tiga menit tersebut.

Tata Steel sendiri adalah turnamen catur klasik bergengsi di dunia catur. Tahun ini ada 14 pemain yang turut ambil bagian. Selain Juara dunia Pria Ding Liren dan Juara Dunia wanita Ju Wenjun, ada juga Ian Nepomniachtchi, Domaraju Gukesh, Nodirbek Abdusattorov, Rameshbabu Praggnanandhaa, Vidit Santos Gujrathi, Alireza Firouzja, Parham Maghsoodloo.

Tak ketinggalan tiga wakil tuan rumah, juara bertahan Tata Steel 2023 Anish Giri, Jorden Van Vorest dan Max Wamerdam.

Usai melalui sistem round robin 13 babak, terjadi komposisi yang tak terduga. Juara dunia Ding Liren hanya menempati 9 dengan tiga kekalahan. Pun dengan runner up dua kali kejuaraan dunia, Ian Nepo menempati peringkat delapan juga dengan  tiga kekalahan.

Sementara itu, empat pemain memiliki poin sama 8,5 berada di posisi puncak harus melalui babak tie break. Mereka harus bermain dua babak catur kilat. Anish Giri vs Domaraju Gukesh dan We Yi melawan Nodirbek Abdusattorov.

Hasilnya, Gukesh dan We Yi menang dan akan bertarung di babak final tie break untuk menentukan siapa pemenang sejati. Setelah bermain imbang di babak pertama, Wei Yi akhirnya menjadi juara setelah menang di babak kedua, setelah gajahnya melakukan skak sekaligus mengancam benteng Gukesh.

Keberhasilan Wei Yi juara Tata Steel 2024 membuat namanya kian melambung.

Kini dia menempati peringkat 9 dunia dengan ketambahan 14,8 poin rating. Dia oleh banyak kalangan akan menjadi pengganti Ding Liren dan Wang Hao.

Dalam turnamen ini, penampilan Ding Liren juga banyak disorot. Tiga kekalahannya dari Pragnanandhaa, Alireza Firouzja dan Ian Nepo membuat publik sangsi dengan kemampuannya. Apalagi ketiganya akan bertarung dalam turnamen kandidat, yang juaranya akan bertemu dengannya dalam perebuatan gelar juara dunia 2025.

Selain Ding, penampilan tiga pecatur India, Prag, Gukesh dan Vidit juga merupakan penegasan hegemoni percaturan India. Ketiganya juga akan tampil dalam turnamen kandidat.

Menarik memang menunggu hasil turnamen kandidat awal April 2024 mendatang.

Magnus Carlsen Juara Dunia Catur Kilat 2023

Semantara itu di kategori challengers, pecatur India Leon Luke Mendonca berhasil menjadi juara dengan poin 9,5. Hasil tersebut membuatnya tahun depan akan mengikuti turnamen Tata Steel di kategori Masters. (Bangkipot)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *