Review: Argentina Resmi Bintang Tiga

Newsantara.id
19 Des 2022 03:59
Sport 0 1
2 menit membaca

Timnas Argentina resmi menyandang bintang tiga usai pada partai final mengandaskan asa Prancis 3-3 (4-2) lewat drama adu penalti di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022).

Argentina menjadi juara piala dunia untuk kali ketiga setelah piala dunia 1986 dan 1978. Sang kapten, Lionel Messi menutup karirnya dengan prestasi penyempurna semua gelimang prestasinya.

Total Messi mencetak tujuh gol di turnamen ini, dan menjadi pemain terbaik Piala dunia, gelar yang juga dia raih saat piala dunia 2014.

Semua pihak mungkin sepakat, partai final piala dunia Qatar 2022 menjadi pertandingan terbaik dalam sejarah piala dunia.

Argentina yang sempat memimpin dua gol, lewat gol Leo Messi dan Angel di Maria di babak pertama. Namun mereka justru harus kecolongan dua gol dalam dua menit oleh Kylian Mbappe di babak kedua.

Alhasil, pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu 2×15 menit. Lagi-lagi Messi membuat Argentina memimpin di menit 108. Namun, Mbappe tak mau kalah dengan mencetak gol sepuluh menit berselang lewat titik putih.

Penentuan juara piala dunia Qatar 2022 akhirnya harus  lewat drama adu tendangan 11 meter. Lewat undian, Prancis akan mengambil tendangan lebih dulu.

Kylian Mbappe dan Leo Messi berhasil membuka adu penalti dengan mulus. Skor 1-1.

Perbedaan skor mulai terjadi di penendang kedua, setelah tendangan Kingsley Coman berhasil terbaca Emiliano Martinez dan Paulo Dybala berhasil menjalankan tugasnya. Skor 1-2.

Aurelien Tchouameni membuat Prancis di ambang kekalahan usai tendangannya melebar sedangkan Leandro Paredes membuat tim Tango memimpin lebih jauh usai menaklukkan kiper Hugo Lloris. Skor 1-3.

Penendang keempat Prancis Randal Kolo sukses menaklukkan Martinez. Skor 2-3 untuk Argentina.  Skor 2-3.

Itu berarti, jika penendang keempat Argentina berhasil maka Argentina akan menjadi penentu gelar juara. Majulah Gonzalo Montiel. Semua pendukung Argentina menahan nafas.

Dan… Golll. Argentina kini resmi menyandang bintang tiga.

Montiel  sukses menggetarkan jala Lloris. Sontak seisi sadion bergemuruh. Pendukung Argentina berpesta. Argentina berhasil menjadi juara dunia piala dunia Qatar 2022. Dahaga 36 tahun akhirnya terpenuhi. Leo Messi berhasil memimpin adik-adiknya memberikan kado manis buat rakyat Argentina dan seluruh fansnya.

 

Baca: Review: Kroasia Menang, Maroko Dikenang

Wajar memang, Argentina sebelumnya dua kali kandas di partai final Piala Dunia yakni 1990 dan 2014, keduanya kalah dari Jerman. Kini Messi berhasil menyejajarkan diri dengan dua legenda Argentina Mario Kempes dan Diego Armando Maradona. (BangKipot)