Tips Career Switch untuk Profesional

F. G. Tangkudung
13 Des 2022 11:11
Pustaka 0 64
5 menit membaca

TIPS Career Switch atau Tips Alih karir menjadi topik hangat ketika covid19 melanda. Banyak pekerja banting stir mencari aktivitas baru, terlebih ketika perusahaan terancam pailit.

Mau tidak mau, para pekerja terdampak covid 19 harus mencari sumber pendapatan baru untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Tapi, bukan hanya sebatas mereka terdampak covid.

Sebagian pekerja yang selama ini merasa tak nyaman dengan pekerjaannya, memberanikan untuk alih karir (Switch karir). Selain itu, Ada juga alasan lain membuat Tips Career Switch ramai menjadi buruan.

Tips Beralih Karir 

Switch Career Apa itu?

Banyak orang bertanya, apa sebenarnya itu career switch? secara terminologi, career switch atau alih karir adalah proses untuk beralih menekuni karir atau profesi baru. Latar belakangnya begitu beragam, mulai dari mencari tantangan baru, kemapanan, atau suasana lebih nyaman.

Apa Contoh Beralih Karir ?

Belakangan ini, sudah banyak contoh orang alih karir atau alih profesi dan sukses melakoni aktivitas barunya. Ada pengacara jadi barista, bankir menjadi petani, atau insinyur teknik ke penulis. Pun, dokter fokus ke youtuber, wartawan buka rumah makan atau politisi sukses beternak ayam.

Apa Alasan Career Switch? 

Ada beberapa Alasan utama seseeorang beralih karir.  ada beberapa faktor, mari simak satu-persatu:

Gairah (passion)

Ini merupakan alasan terbesar seseorang ingin alih karir. Bekerja sesuai passion adalah dambaan semua orang. Mereka ingin bekerja sesuai dengan hobi dan gairah. Melakukan sesuatu yang dicintai sembari mendapatkan gaji adalah sebuah impian. Pastinya, pekerjaan tersebut tak akan mendatangkan kebosanan karena melakukannya dengan rasa cinta.

Gaji

Faktor gaji juga cukup besar menjadi alasan para pekerja melakukan alih karir. Mungkin karir lama tak bisa lagi menopang kebutuhan ekonomi, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Keputusan memilih beralih ke karir lain tentu saja demi gaji lebih baik dan memberikan jaminan masa depan.

Pekerjaan Lama 

Hal ini juga banyak menjadi alasan. Sebagian orang memilih career switch karena situasi di tempat sebelumnya tidak kondusif lagi. Contoh: buruknya hubungan dengan atasan, rekan kerja atau keberatan dari orang tercinta soal pekerjaan yang selama ini ditekuni. Alhasil, tak ada lagi kenyamanan untuk menghabiskan waktu jam ke jam, hari ke hari. Akibatnya muncul rasa tertekan dan frustasi, berkarir layaknya di neraka.

Keluarga 

Mayoritas, alasan ini datang dari para wanita karir dan sudah memiliki momongan. Mereka tidak ingin kehilangan waktu terbaiknya bersama anak-anaknya. Beraktivitas di rumah sambil mengasuh buah hati adalah hal paling indah mereka lakukan. Banyak contoh wanita karir sukses yang ternyata memilih alih karir dengan membuka usaha dari rumah. terlebih dengan dukungan media sosial.

Namun, yang perlu dipahami, menjalani alih karir tak menjamin langsung sukses. Perlu kerja ekstra dan perjuangan berat untuk mencapai titik sesuai impian. Memang, hidup adalah pilihan, dengan konsekwensi dan risiko masing-masing.

Tips Career Switch Fundamental

Kenali Potensi Diri

Tips Career Switch yang utama adalah mengenal diri sendiri. Ini sangat mendasar dan substansial, namun banyak terlupakan. Ada orang yang rendah diri, tidak percaya diri dengan kemampuannya. Padahal kemampuannya cukup baik, akibatnya seluruh potensi tidak keluar maksimal. Sebaliknya, ada tipe terlalu percaya diri. Tipe ini suka berkoar merasa dirinya mampu. Sayang kemampuannya ternyata tak sesuai dengan bicara.

Buat Daftar Pekerjaan Sesuai Passion

Sebagian orang terpaksa bekerja meski tidak menyukainya hanya karena semata gaji bulanannya. Hal itu memang sangat beralasan. Namun, sebagian orang, beruntung bisa melakukan hobi yang menghasilkan, atau berkarir sesuai  keinginannya. Sebelum memutuskan career switch, ada baiknya daftar pekerjaan yang sesuai passion atau gairah.

Bekali Diri

Jika sudah memiliki karir impian, korelasikan kemampuan diri dengan pekerjaan tersebut. Jika merasa masih ada di tingkatan biasa-biasa, sudah saatnya untuk meng-upgrade diri dengan belajar banyak tips dan berlatih lebih giat.

Kini banyak buku untuk menambah ilmu dan skill sesuai keinginan. Selalu belajar hal dan tips baru, akan membuka wawasan dan cakrawala. Hal ini bakal menjadi kunci sukses.

Tak ada Kata Terlambat

Hal ini juga sering sekali menjadi penghalang bagi banyak orang. Mereka merasa sudah terlalu tua untuk belajar lagi atau memahami dunia baru. Paradigma seperti ini seribu persen adalah salah.

Tips Career Switch Terbaik, Tak pernah ada kata terlambat. Tuhan hanya ingin manusia berusaha, sisanya biarkan DIA yang menentukan.

Jangan lupa, Kolonel Sanders pendiri KFC baru sukses di usia 65 tahun setelah berkali-kali gagal. Barrack Obama menjadi presiden Amerika Serikat di usia 47, sementara Donald Trump menjadi Presiden AS berumur 70 tahun. Yakinlah, Tuhan tahu yang terbaik buat hamba-hambaNya.

Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Pengalaman adalah guru yang berharga. Namun, tak semua harus kita alami untuk menjadi pengalaman. Pengalaman orang lain bisa menjadi bekal kita untuk belajar menjadi pribadi lebih baik.

Tanamkan Mental Pejuang

Semua kesuksesan berawal dari mimpi dan titik nol. Untuk merealisasikan impian, butuh perjuangan dan pengorbanan yang tidak mudah. Ada persaingan ketat dalam berkarir. Melangkahlah tahap demi tahap sesuai perencanaan. Jika gagal, tak boleh langsung menyerah. Ada banyak pintu terus terbuka.

Perbanyak Relasi

Hal ini jadi tips sering terlupakan. Membangun relasi dengan banyak orang akan menjadi kunci dan terbukanya semua peluang. Untuk itu, selalu tanamkan kebaikan. Satu Musuh terlalu banyak, Seribu kawan terlalu sedikit.

Cari Pelatihan Bersertifikat 

Tips Beralih Karir seperti memilih sekolah. Cari pelatihan yang memberikan ilmu dan skill yang berguna. Tentu saja bersertifikat, dengan instruktur dan mentor profesional yang sudah membantu banyak orang. Contohnya Arkademi.com.

Telusuri pelatihan yang sudah membantu pekerja meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Juga yang memiliki mitra dengan sekolah, berlisensi/ lembaga bersertifikasi internasional. Seperti Kursus UI UX atau kursus lainnya. Jangan lupakan, cari juga akses berkelanjutan agar siap bersaing di industri 4.0.

Video Tips Career Switch

Kesimpulan Tips Career Switch

Sebelum memutuskan alih karir, ada baiknya untuk mempertimbangkan semua hal. Bukan karena sekadar gengsi, sakit hati atau ikut-ikutan.

Baca: Alih Profesi Bersama Arkademi Solusi Sukses

Sekadar tips, Ikuti kata hati, yakini  dan cintai juga apa yang dikerjakan. Bersabar dalam perjuangan, karena kesuksesan berawal dari proses. Lakukan usaha maksimal dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Selebihnya, serahkan semuanya kepada-Nya. Demikian Ulasan Tips Career Switch.(fgt).

Tips Career Switch Paling Fundamental