Tahun 2019, Sulut Target 200 Ribu Wisman

F. G. Tangkudung
23 Nov 2018 08:31
Berita 0 66
2 menit membaca

Target Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terkait pariwisata tidak main-main.

Tahun 2019, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menargetkan kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Sulut sebanyak 200 ribu orang.

Olly menyatakan, Itu merupakan target Pemprov dalam mendorong industri pariwisata di Sulut.

“Tahun ini kami targetkan 120 ribu orang, tahun depan 200 ribu orang. Itu berarti ada kenaikan 80 ribu orang,” kata Olly, Kamis (22/11/2018).

Gubernur menyebut setiap tahun target kunjungan wisman ke Sulut harus dinaikkan, hal itu untuk lebih memperkenalkan Sulut ke mata dunia.

“Tiap tahun target akan dinaikkan. Ini upaya yang dilakukan Pemprov dalam mempromosikan pairiwisata Sulut,” ujarnya kepada media.

Untuk merealisasikan target ini, Gubernur Olly Dondokambey akan bertolak ke luar negeri, untuk mempromosikan pesona keindahan dan kelebihan yang dimiliki Sulut.

Menurut Gubernur, saat ini kunjungan wisman ke Sulut masih didominasi oleh wisman asal negeri tirai bambu. Ini juga dipengaruhi oleh adanya jadwal penerbangan langsung dari 8 kota di Cina langsung ke Manado.

“Saat ini Cina paling banyak. Mereka memilih ke Sulut karena adanya penerbangan langsung. Ini sangat berpengaruh. Saya harap negara lain juga bisa membuka penerbangan langsung ke Manado,” beber Olly.

Dijelaskan Olly, untuk pasar turis eropa, nama Sulut sudah sering dibicarakan, namun karena belum ada penerbangan langsung ke Manado, jadi hanya sedikit wisman eropa yang datang ke Sulut.

“Pasar wisatawan eropa juga sangat besar, Pemprov masih menjajal kerjasama untuk medatangkan wisma eropa ke Sulut,” pungkas gubernur.

Upaya mendatangkan wisman ke Sulut juga gencar dilakukan oleh Angkasa Pura I Manado.

GM Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai menyebut, ada upaya kerjasama yang dilakukan AP I untuk menambah jadwal penerbangan ke luar negeri.

Salah satunya adalah rencana masuknya maskapai penerbangan Air Asia ke Manado pada tahun 2019 mendatang.

Dengan demikian, hal itu tentunya menjadi angin segar bisnis pariwisata di Sulut.

“Air Asia sudah datang melihat langsung bandara kami disini. Mereka memiliki rencana membangun homa base di Manado,” kata Minggus.

Minggus yakin bahwa pelayanan yang diberikan oleh Bandara Sam Ratulangi, pasti mendapat kepercayaan dari maskapai luar negeri.

“Kita tetap memberikan pelayanan yang baik sesuai porsi kita saat ini. Kepercayaan dari siapapun bisa menjadi semangat di lapangan untuk bekerja lebih baik lagi,” pungkas dia.

Penulis : Lala Nvidia

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *