Sambut Natal, Bandara Ratulangi Tambah Fasilitas

Bang Kipot
3 Des 2017 23:46
Berita 0 668
3 menit membaca

Menyambut libur Hari Raya Natal 2017 dan tahun baru 2018, Bandara Sam Ratulangi Manado melakukan pembenahan fasilitas dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengguna jasa bandara.

Terdapat beberapa fasilitas tambahan selain memperbaiki fasilitas yang sudah ada sebelumnya.

Salah satunya yang terbaru adalah tersedianya fasilitas kursi roda (wheelchair) bagi penumpang berkebutuhan khusus di bandara kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara ini.

“Kursi roda ini merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh calon penumpang berkebutuhan khusus (difabel) atau orang tua yang memerlukan. Ada dua unit kursi roda yang kami tempatkan di konter Customer Service di lobby keberangkatan,” kata General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai.

Lanjutnya, selain itu pihaknya menyiapkan personel Customer Service yang bertugas untuk melayani kebutuhan pengguna kursi roda tersebut, hingga membantunya melakukan  proses check in.

Pihak Bandara Sam Ratulangi sebelumnya telah melakukan penataan jalur kendaraan roda empat, baik di area keberangkatan maupun kedatangan, sehingga kehadiran fasilitas kursi roda ini diharapkan dapat semakin mempermudah calon penumpang maupun pengantar.

“Selain datang langsung ke konter Customer Service, calon penumpang juga dapat memanfaatkan Call Center 172 untuk memesan kursi roda tersebut. Nanti operator akan langsung menghubungi petugas Customer Service kami di terminal,” ujar Minggus.

Selain fasilitas yang memudahkan pengguna jasa tersebut, beberapa pengerjaan fasilitas di area terminal yang telah rampung adalah taman landscape dengan konsep ruang terbuka (open space) yang terletak di depan terminal, tepatnya di tengah area parkir kendaraan roda empat.

Minggus berharap, taman yang dilengkapi air mancur ini dapat menjadi ikon bagi Bandara Sam Ratulangi.

Selain jadi tempat selfie yang menarik, taman ini juga rencananya digunakan untuk acara seremonial yang terkait pariwisata, misalnya pertunjukan seni dan budaya karena posisinya strategis taman tersebut juga bisa digunakan sebagi meeting point tempat penjemputan tamu.

Sentuhan teknologi digital pun kini nampak di bandara ini. Mulai di area lobby dengan dipasangnya monitor Flight Information Display System (FIDS) berukuran besar yang semakin memudahkan penumpang dan penjemput untuk memantau status penerbangan secara real time serta ditayangkannya pula aplikasi flight radar sehingga lalu lintas penerbangan dapat dipantau langsung.

Area dalam terminal pun tak luput dari sentuhan beutifikasi. Pengguna jasa bandara kini dapat memanjakan diri dengan melakukan selfie di photobooth yang berada di lantai 1, tepatnya setelah pemeriksaan keamanan di Security Chek Point (SCP) 2.

Sementara itu, di ruang tunggu keberangkatan saat ini tengah berjalan pekerjaan penggantian lantai keramik. Kehadiran 40 unit single sofa berwarna cerah juga menambah kesan segar pada keseluruhan area ruang tunggu.

“Seluruh upaya perbaikan dan penambahan fasilitas ini kami lakukan untuk menciptakan pengalaman (creating experience) kepada seluruh pengguna jasa bandara. Kami terus berupaya memberikan pengalaman yang berkesan guna melengkapi perjalanan para penumpang. Dengan perbaikan fasilitas maupun pelayanan seperti ini, diharapkan para pengguna jasa bandara bisa merasa nyaman saat berada di Bandara Sam Ratulangi sebagai pintu gerbang Sulawesi Utara,” harap Minggus.

Penulis : */ Habel Sirenden

 

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *