Review: Maroko Terhenti, Final Mbappe Vs Messi

F. G. Tangkudung
15 Des 2022 13:37
Sport 0 144
2 menit membaca

Tim penuh kejutan Piala Dunia Qatar 2022 Maroko terhenti oleh juara bertahan Prancis 2-0, di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022). Kylian Mbappe Cs akan menghadapi Lionel Messi dan adik-adik.

Meski begitu, tim Maroko pantas mendapat penghormatan setinggi-tingginya atas pencapaian di Piala Dunia kali ini. Kerajaan Maroko sudah memastikan akan menyambut dengan meriah tim tersebut.

Lanjut ke pertandingan, pengalaman membawa Prancis tak mengulangi kesalahan Belgia, Spanyol dan Portugal. Mirip seperti Argentina di laga melawan Kroasia, Prancis tak mau meladeni permainan ball possession Maroko.

Prancis bermain taktis dengan menunggu kemudian melakukan serangan terorganisir lewat kecepatan.

Kali ini, dewi fortuna memang sudah tak berada di pihak Maroko ketika mereka kecolongan cepat di menit 5 lewat gol Theo Hernandez.

Gol Hernandez berawal dari bola pantulan berkat tendangan dari Kylian Mbappe. Mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan, Maroko kembali mendapat apes di menit 21.

Sang Kapten Romain Saiss harus mengakhiri permainan lebih awal karena cedera hamstringnya kambuh, sama seperti di laga melawan Portugal.

Meski begitu Maroko terus melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Prancis. Namun, Prancis adalah juara dunia.

Kematangan dan materi pemain akhirnya menjadi pembeda jua. Menguasai ball possession hingga 61 persen, Maroko malah kembali kemasukan.

Aktornya, bintang Prancis Kylian Mbappe. Lewat aksinya meliuk-liuk di pertahanan Maroko, bola hasil sepakannya berbelok arah. Randal Kolo Muani yang tidak terjaga, langsung menyambar bola.

Hasil 2-0, membuat dongeng tim Maroko berhenti. Dengan kata lain, Prancis akan bersua Argentina di laga pamungkas.

Menarik, Lionel Messi akan bertemu dengan rekan setimnya di klub PSG, Kylian Mbappe. Keduanya kini menjadi pemimpin teratas pencetak gol dengan 5 gol.

Ini merupakan final kedua dari kedua tim dalam tiga edisi terakhir. Argentina menjadi final tahun 2014 saat takluk dari Jerman. Sementara Prancis menjadi juara ketika mengalahkan Kroasia tahun 2018.

Ini tentu saja menjadi final ideal Piala Dunia 2022 setelah sejumlah tim unggulan juara bertumbangan sejak babak penyisihan. Mulai dari Jerman, Belgia, Spanyol, Brazil dan Inggris.

Baca: Review: Magis Messi Patahkan Prediksi

Menarik juga mengikuti pertandingan antara dua tim kejutan Kroasia melawan Maroko di perbutan tempat ketiga. Maroko tentunya akan berusaha mempertajam sejarah menjadi tim Afrika pertama yang menjadi peringkat tiga piala dunia. (BangKipot))