Review: Inggris Tetap Konsisten (Selalu Kalah)

F. G. Tangkudung
12 Des 2022 12:01
Sport 0 142
2 menit membaca

Timnas Inggris tetap konsisten, tak pernah meraih gelar dalam ajang piala dunia. Dalam partai melawan Prancis di babak perempat final, Inggris harus bertekuk lutut, Minggu (11/12/2022).

Terakhir kali Inggris menjadi juara dunia, adalah tahun 1966 atau 56 tahun lalu. Sejak itu, meski memiliki materi pemain yang bagus, mereka selalu kesulitan menembus babak semifinal.

Kekalahan atas Prancis di babak perempat final merupakan kegagalan Inggris ketujuh kalinya. Ini merupakan terbanyak di antara negara yang pernah mencapai babak semifinal.

Sebenarnya, Permainan anak asuh Gareth Southgate cukup baik. Mereka mampu mengimbangi jual beli serangan dengan pasukan Didier Deschamps. Bahkan dalam total ball possesion, Inggris unggul 57 persen berbanding 43 persen milik tim ayam jantan.

Sayang hasil akhirnya, Inggris defisit satu gol dari Prancis. Gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud hanya mampu berbalas satu sepakan penalti Harry Kane.

Kane yang kini menjadi pencetak gol terbanyak Inggris bersama Wayne Rooney dengan 53 gol, sejatinya punya kesempatan membawa timnya terhindar dari kekalahan.

Namun, tendangan penaltinya yang kedua, justru hanya terbang menembak burung. Akibatnya, Inggris harus pulang meski turnamen belum berakhir.

Absennya Raheem Sterling di babak pertama memang terlihat cukup berpengaruh. Sterling yang mendapat masalah keluarga dan sempat balik Inggris di penyisihan grup tak dipasang Southgate sejak awal.

Juga terlambat masuknya Jack Grealish dan Marcus Rashford, sudah bisa menyimpulkan pelatih bermain menunggu, tak berani mengambil inisiatif melakukan perubahan.

Prancis sendiri kini menatap menjadi tim pertama yang mempertahankan piala dunia sejak era Italia (1938) dan Brazil (1962). Namun sebelumnya mereka harus menghadapi kuda hitam yang penuh kejutan, Maroko.

Kekuatan mereka di piala dunia sebenarnya berkurang drastis. Merek aharus kehilangan tiga amunisi terbaiknya yakni Paul Pogba, N’golo Kante dan Karim Benzema.

Namun, sejauh ini para pemain yang menggantikan posisi ketiganya menunjukkan performa yang lumayan. Lihat saja penampilan Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele dan Olivier Giroud.

Baca: Review: Maroko Cetak Sejarah, Ronaldo Sedih Parah

Dengan empat tim tersisa, banyak pihak menginginkan terjadi final idaman antara Prancis melawan Argentina. Apakah akan terwujud? Kita lihat nanti. (BangKipot)