Pemkot Jadi Ujung Tombak Tilang Elektronik

F. G. Tangkudung
2 Feb 2021 19:37
Berita 0 100
2 menit membaca

Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara siap meninjaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, khususnya tilang elektronik.

Polda mematangkan rencana tersebut, dengan menggandeng Cerdas Command Center (C3) Pemkot Manado sebagai ujung tombak.

Baca: Keren, Coba Lihat Kapolda Sulut di Lampu Merah

Kasubditgakum Ditlantas Polda Sulut, Kompol Roy Tambayong, terlihat mulai tahap persiapan, dengan mengunjungi C3 kota Manado, Selasa (2/2/2021).

Kepada Pemkot Manado, Tambayong berharap dukungan penuh baik dari Walikota hingga jajaran Dinas Kominfo.

“Polda melihat C3 Kota Manado yang paling siap bila tilang elektronik berjalan,” kata Tambayong saat berkunjung ke C3.

Memiliki alat penunjang dan sistem yang mumpuni, Tambayong menyebut kerjasama bisa terjalin dengan baik, sehingga target Polda bisa terpenuhi.

“Kami sudah menyampaikan kerjasama dengan Pemkot Manado, untuk masuk dalam tim perdana pelaksanaan tilang elektronik. Kami akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Manado,” sebut Tambayong.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kapustik) C3 Kota Manado, Franky Mocodompis, juga menyampaikan hal senada

Menurutnya, Pemkot siap membantu Ditlantas Polda Sulut untuk melaksanakan tilang elektronik, sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada.

“Saat ini Pemkot Manado memiliki 16 titik CCTV yang tersebar di Kota Manado. Semua CCTV lengkap dengan teknologi Artificial Intelligence (AI),” ungkap Mocodompis.

Jelas dia, Cerdas Command Center saat ini sudah mendukung sistem Electronic Traffic Law Enforcement (eTLE), yang merupakan implementasi teknologi dalam mencatat pelanggaran lalu lintas.

“C3 sangat siap untuk penerapan eTLE,” lanjutnya.

Mocodompis menyebut C3 telah melakukan evaluasi dalam seminggu ini, termasuk kesiapan fitur-fitur aplikasi eTLE dan kapasitas dukungan infrastruktur termasuk server.

“Kita sudah evaluasi dan ada perbaikan terutama pada fitur dan aplikasi eTLE temasuk servernya,” terangnya.

Rencana awal Maret akan ada ujicoba tilang elektronik, melalui CCTV Pemkot yang berada di Kawasan Jalan Roda dan depan Mantos 3.

Selanjutnya, teknologi ini akan berlaku di jalan untuk merekam perilaku pengendara, terutama yang tak tertib berlalu lintas.

Selain mendapat kunjungan dari Ditlantas Polda Sulut dan Kasat Lantas Polresta Manado, Anita Sitinjab, C3 juga mendapat kunjungan dari Kasatlantas Minahasa Utara, Shirley Mangelep.

(oka)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *