Pacuan Kuda Tompaso Sukses, Ini Hasilnya

F. G. Tangkudung
31 Des 2017 13:37
Berita 0 517
2 menit membaca

Kejuaraan yang digelar Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yang digelar di Gelanggang Maesa Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sabtu (30/12/2017) berlangsung sukses.

Perlombaan pacuan kuda, bendi dan roda sapi ini merupakan agenda tahunan Festival Christmas 2017 di Provinsi Sulawesi Utara.

Terlihat antusias masyarakat dan sejumlah penghobi olahraga berkuda memadati Gelanggang Maesa Tompaso, Kabupaten Minahasa tersebut.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw yang hadir dalam perlombaan tersebut terlihat juga sangat menikmati keseruan yang dihadirkan sejumlah joki.

Kepada media, Kandouw menegaskan Pemerintah Proovinsi Sulawesi Utara akan terus mensupport kegiatan seperti ini.

” Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara ingin menjadikan Sulut kembali sebagai kiblat olahraga berkuda di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, memiliki Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso merupakan aset utama daerah Sulawesi Utara.

“Gelanggang berkuda Tompaso kini menjadi gelanggang terbaik di Indonesia pasca dibongkarnya  gelanggang kuda Pulo Mas di Jakarta,” katanya.

Dia juga mengingatkan Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara untuk menyiapkan diri dalam kejuaraan nasional Piala Presiden pada Tahun 2018.

“Kita bersiap menyambut Kejurnas Berkuda 2018, sebagai tuan rumah kita targetkan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan, pemerintah daerah sudah mengalokasikan dana demi kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan tersebut.

“Pemprov sudah menyiapkan anggaran untuk persiapan kejuaraan nasional tersebut. Tentunya banyak tamu dari luar yang akan datang. Tingkatkan sarana dan  prasarana di gelanggang Tompaso maupun di Manado,” tutupnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulaawesi Utara, Ferry Wowor sangat mengapresiasi perhatian pemerintah tersebut.

Dia berjanji akan tetap bersinergi dengan pemerintah untuk menyukseeskan agenda kejuaraan nasional tahun 2018 mendatang.

Dalam kejuaraan tersebut, Kuda Bombastis dar Manado meraih piala Gubernur Olly Dondokambey usai menang di nomor 1600 meter. Sedangkan Kuda Putra Milano menjadi yang terbaik di jarak 1800 meter dan meraih piala wakil gubernur, Steven Kandouw.

Jarak 1.600 m.

  1. Kuda Bombastis milik Frangky Setiono (Manado), Joki Liwe.
  2. Kuda Kashmir, milik Sehan Landjar (Boltim), joki Momongan..
  3. Kuda Black Beauty Prima, milik Stenly Chandra (Manado), joki Rorimpandey.

Jarak 1.800 m.

  1. Kuda Putra Milano, Milik Hartje Mamesah (Minahasa), joki Febry.
  2. Kuda Prima Lova, milik Stenly Chandra (Manado), joki Heski.
  3. Kuda Star Princess, milik Sehan Landjar (Boltim), joki momongan.

Penulis: Kayla Carissa

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *