Rekomendasi Obat Mata Herbal Paling Ampuh

F. G. Tangkudung
17 Mar 2024 16:08
Pustaka 0 179
9 menit membaca

Banyak orang mencari obat mata herbal paling ampuh ketika penglihatannya terganggu. Mulai dari mata merah, bengkak, berair atau belekan. Berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan mata sakit atau penglihatan terganggu.

Faktor Penyebab Sakit Mata:

  • Kemasukan Benda Asing

Hal ini menjadi gangguan paling umum. Mata akan terasa gatal, perih, merah dan berair.

  • Iritis

Ini terjadi karena peradangan di bagian iris mata. Akibatnya mata akan merah dan perih.

  • Bintitan

Bintitan (hordeolum) umumnya terjadi karena kurang menjaga kesehatan mata. Akibatnya, muncul benjolan kecil seperti jerawat di area bulu mata.

  • Blefaritis

Kondisi Blefaritis terjadi ketika adanya radang di kelopak mata. Mata akan memerah dan terlihat berminyak. Pada umumnya penyebab blefaritis adalah tersumbatnya kelenjar minyak pada akar bulu mata.

  • Sinus

Sinusitis merupakan kondisi ketika mata mengalami infeksi pada jaringan pelapis sinus. Tentu saja, keadaan ini membuat sangat tidak nyaman.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis umumnya membuat mata merah, gatal dan mengeluarkan air berlebihan. Ini terjadi akibat iritasi di selaput di permukaan kelopak dan bola mata.

  • Keratitis

Keratitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada kornea mata. Gangguan ini juga akan membuat mata merah dan sangat nyeri.

  • Abrasi kornea

Mirip dengan keratitis, abrasi kornea juga menyerang kornea. Namun, ini terjadi karena luka akibat tergores benda asing. Biasanya akan terlihat merah seperti luka dalam kornea. Mata akan perih dan pada kondisi tertentu sangat sensitive dengan cahaya.

  • Glaukoma

Glaukoma terjadi karena kerusakan saraf mata karena tingginya tekanan di dalam bola mata.

  • Neuritis optik

Neuritis optik terjadi karena peradangan pada saraf mata. Mata akan berangsur buram dan nyeri.

Obat Mata Herbal Paling Ampuh

Mengatasi sejumlah gangguan mata, banyak orang justru mencari obat mata herbal paling ampuh. Dari beberapa literature, ada berbagai bahan di alam yang bisa mengobati mata sakit.

  • Air Hangat    

Bahan paling murah tentu saja air hangat. Caranya ambil kain bersih kemudian rendam ke air hangat lalu kompreskan ke mata sakit.

  • Mentimun

Buah ini sangat mudah didapat dan murah harganya. Ternyata cairan pada mata kaya akan anti bakteri dan memberi efek kesegaran. Itulah mengapa buah ini sering menjadi rekomendasi utama untuk masker mata.

Caranya, cukup iris mentimun lalu tempelkan pada mata sambil berbaring. Biarkan sekitar 20-30 menit. Ingin lebih segar, masukkan ke dalam lemari es dan gunakan ketika hendak tidur malam.

  • Daun sirih

Bahan yang berikut adalah daun sirih. Sama dengan mentimun, sirih juga memiliki antimikroba untuk meringankan sakit mata.

Cukup merebusnya sampai mendidih. Air rebusannya bisa menjadi air pembasuh atau kompres mata yang sakit.

  • Lidah Buaya

Daun lidah buaya (Aloe vera) juga memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri.  Caranya cukup mudah. Ambil gel dalam daun lidah buaya kemudian campurkan air dingin sedikit.

Selanjutnya, rendam kapas dalam campuran tersebut. Baru kompres ke mata yang sakit kira-kira selama 15 menit.

  • Mawar

Selanjutnya, ada bunga tanda cinta. Caranya ambil dan cuci kelopak bunga mawar lalu rendam di air. Air hasil rendaman bisa menjadi tetes mata herbal yang sangat ampuh.

Caranya: Iris tipis mentimun dan letakkan pada mata yang sakit. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Supaya lebih segar,

  • Susu Murni

Susu murni juga bisa menjadi bahan untuk membasuh atau mengompres mata sakit.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata sebagai anugerah Yang Kuasa, tentunya manusia perlu menjaga kesehatan mata sebaik mungkin. Jangan sampai terlambat menyadari jika mata mengalami gangguan yang cukup serius. Ada sejumlah tips menjaga kesehatan mata.

Poin terpenting, jaga selalu kesehatan mata. Jangan biarkan mata bekerja terlalu lama tanpa beristirahat. Apalagi mereka yang selalu bertatapan dengan laptop/ komputer, gadget dan televisi.

Buat para pengendara sepeda motor juga, ada baiknya menggunakan kaca mata. Jangan biarkan mata terkena langsung angin, yang berpotensi membawa debu dan zat asing lain.

  • Segera Periksa Jika Merasa Ada Gangguan

Ketika merasakan fungsi mata mulai menurun, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter mata. Jangan menunda, sebelum gangguan penglihatan semakin parah. Bahkan, untuk orang dewasa 40 tahun plus, perlu periksa mata rutin minimal setahun sekali.

  • Makan Makanan Bergizi

Banyak orang sering mengabaikan hal ini. Padahal makanan yang mengandung vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, selenium dan lutein bagus untuk kesehatan mata. Jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti sayuran, buah, kacang, ikan salmon dan telur.

  • Jaga Pola Hidup Sehat

Rutin berolahraga, berhenti merokok serta tidur yang cukup akan membuat mata lebih sehat dan terlihat lebih segar.

  • Jangan Berlama-lama di Laptop atau Ponsel

Faktor penyebab gangguan penglihatan paling dominan adalah memaksakan mata di depan ponsel, laptop atau televisi. Mata rawan terkena radiasi, terasa lelah dan kering. Biasakan untuk segera beristirahat jika merasa mata mulai sakit ketika berada di depan layar.

  • Membaca dengan Cahaya dan Jarak yang Baik

Sebaiknya membaca dengan penerangan yang cukup. Hal lain yang mesti mendapat perhatian adalah jarak dan posisi saat membaca. Jangan membaca terlalu dekat atau membaca saat tidur.

  • Hindari Paparan Langsung Sinar UV

Bagi para pengendara sepeda motor atau pekerja lapangan, biasakan menggunakan kaca mata hitam dan topi untuk menghindari paparan sinar ultraviolet secara langsung terhadap mata.

Dari penelitian, sinar uv yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kornea terbakar, katarak, degenerasi makula, sampai kanker mata.

  • Hindari Penggunaan Kontak Lensa Terlalu Lama

Penggunaan kotak lensa yang terlalu lama, di atas 15 jam dalam sehari berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mata dan penglihatan.

Obat Mata Herbal Paling Ampuh

Untuk para pecinta obat herbal, jangan khawatir lagi. Kini hadir obat herbal untuk mata sakit yang paling ampuh.

Madu Eyebost adalah vitamin herbal berkhasiat karena terbuat dari kandungan bahan alami pilihan. Produk ini memiliki kandungan seperti wortel, ekstrak bunga marigold, ekstrak bilberry dan flavor blueberry.

Berdasarkan riset Perhimpunana Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), kurang lebih 80 persen masyarakat Indonesia orang mengalami masalah pada mata, seperti iritasi, mata merah, mata panda sampai penyakit mata lebih serius.

Fungsi Mata 

Mata merupakan bagian tubuh/ indera yang cukup vital dalam sistem penglihatan kehidupan manusia. Lewat mata, manusia bisa mengenali bentuk, rupa dan warna. Sederhananya, mata sebagai sensor utama akan mengirimkan informasi secara visual ke otak ketika ada cahaya.

Namun, jika menilik lebih dalam ternyata cara kerja mata begitu rumit dan kompleks. Sebuah bukti keagungan dan cinta Sang Pencipta untuk mahluk-Nya.

Bukan sekadar untuk melihat, mata sebagai sarana komunikasi, juga bisa mengungkapkan perasaan seseorang. Mata dapat memancarkan rasa bahagia, sedih, senang, kecewa, termasuk jatuh cinta.

Mata sebagai anugerah Yang Kuasa, tentunya manusia perlu menjaga kesehatan mata sebaik mungkin. Jangan sampai terlambat menyadari jika mata mengalami gangguan yang cukup serius. Ada sejumlah tips menjaga kesehatan mata. 

Mata tersusun dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari antomi luar seperti alis, kelopak mata, bulu mata serta kelenjar air mata. Selanjutnya ada Kornea, Bilik Depan, Iris, Lensa, Pupil, Retina, Saraf Optik, Sklera, Koroid, Makula dan Vitreous Humor.

Inovasi VIO Optical Clinic untuk Penglihatan Lebih Baik

Ciri Mata Sehat

Dapat Melihat Jelas

Ini menjadi ciri utama mata manusia sehat dan normal. Secara medis, mata sehat ada di tolak ukur penglihatan 20/20. Artinya, mata bisa bisa melihat jelas dalam jarak 20 feet atau sekitar 6 meter. Jika dalam jarak tersebut, penglihatan agak kabur, itu menjadi tanda awas untuk kesehatan mata.

Selain itu ada juga faktor lain untuk mengindikasikan kesehatan mata manusia. Seperti kemampuan menglihat samping (perifer), pergerakan bola mata, kemampuan fokus, kedalaman persepsi serta bisa menangkap semua warna.

Kelembaban Mata Terjaga Baik

Mata yang baik bisa terlihat dari kelembaban yang terjaga. Air mata dari kelenjar lakrimal akan membasahi mata secara rutin untuk melindungi dari bakteri dan benda asing. Jika kelembaban mata terganggu, akibatnya akan kering, merah, perih bahkan iritasi.

Warna Sklera Mata Putih Bersih

Ini juga menjadi ciri yang bisa langsung terdeteksi. Jika Sklera mata berwarna putih bersih, tandanya tidak ada gangguan pada mata. Sebaliknya, ketika terjadi kemerahan, bisa jadi ada alergi, iritasi atau terlalu lelah.

Sklera juga bisa menjadi kekuningan, yang mengindikasikan penyakit lain dalam tubuh, seperti liver atau lainnya. Tak jarang, orang bisa melihat rasa sakit dalam tubuh seseorang hanya lewat tatapan mata, kecerahan dan warnanya.

Merasa Nyaman dan Tidak Ada Gangguan

Jika mengalami gatal, nyeri, perih, berair, sering berkotoran, lelah atau bengkak, sudah tentu ada gangguan di mata. Segera periksa sebelum kesehatan mata terganggun menjadi lebih serius.

Ada beberapa jenis penyakit mata pada umumnya. Gangguan tersebut harus segera mendapat penanganan serius sebelum menjalar dan bertambah parah.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata sebagai anugerah Yang Kuasa, tentunya manusia perlu menjaga kesehatan mata sebaik mungkin. Jangan sampai terlambat menyadari jika mata mengalami gangguan yang cukup serius. Ada sejumlah tips menjaga kesehatan mata.

Segera Periksa Jika Merasa Ada Gangguan

Ketika merasakan fungsi mata mulai menurun, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter mata. Jangan menunda, sebelum gangguan penglihatan semakin parah. Bahkan, untuk orang dewasa 40 tahun plus, perlu periksa mata rutin minimal setahun sekali.

Makan Makanan Bergizi

Banyak orang sering mengabaikan hal ini. Padahal makanan yang mengandung vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, selenium dan lutein bagus untuk kesehatan mata. Jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti sayuran, buah, kacang, ikan salmon dan telur.

Jaga Pola Hidup Sehat

Rutin berolahraga, berhenti merokok serta tidur yang cukup akan membuat mata lebih sehat dan terlihat lebih segar.

Jangan Berlama-lama di Laptop atau Ponsel

Faktor penyebab gangguan penglihatan paling dominan adalah memaksakan mata di depan ponsel, laptop atau televisi. Mata rawan terkena radiasi, terasa lelah dan kering. Biasakan untuk segera beristirahat jika merasa mata mulai sakit ketika berada di depan layar.

Membaca dengan Cahaya dan Jarak yang Baik

Sebaiknya membaca dengan penerangan yang cukup. Hal lain yang mesti mendapat perhatian adalah jarak dan posisi saat membaca. Jangan membaca terlalu dekat atau membaca saat tidur.

Obat Mata Herbal Paling Ampuh Eyebost

Hindari Paparan Langsung Sinar UV

Bagi para pengendara sepeda motor atau pekerja lapangan, biasakan menggunakan kaca mata hitam dan topi untuk menghindari paparan sinar ultraviolet secara langsung terhadap mata.

Dari penelitian, sinar uv yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kornea terbakar, katarak, degenerasi makula, sampai kanker mata.

Hindari Penggunaan Kontak Lensa Terlalu Lama

Penggunaan kotak lensa yang terlalu lama, di atas 15 jam dalam sehari berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mata dan penglihatan.

Pilih Produk Perawatan Terpercaya

Jika mengalami gangguan kesehatan mata, berkonsultasilah dengan ahli mata yang punya reputasi dan kapabelitas. Selanjutnya pilih klinik mata terpercaya dan produk terpercaya.

Obat Mata Herbal Paling Ampuh Eyebost

 

Kesimpulan

Madu Eyebost merupakan vitamin mata alami terbaik dan berkualitas untuk mengatasi permasalahan pada mata, menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan jernih.

Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024

Untuk mendapatkan informasi komprehensif, bisa membaca sejumlah artikel lengkap dan menarik di blog eyebost (*).