Nakamura dan Krush Juara Piala Amerika 2023

F. G. Tangkudung
27 Mar 2023 15:36
Sport 0 80
2 menit membaca

GM Hikaru Nakamura dan GM Irina Krush menjadi juara Piala Amerika 2023, Senin (27/3/2023). Nakamura mengalahkan Wesley So dalam sebuah reli panjang yang cukup melelahkan. Sementara Irina Krush terlalu tangguh bagi juniornya, Alice Lee.

Kejuaraan yang berlangsung di Klub Catur Saint Louis, Lennart Ootes ini menggunakan format eliminasi ganda. Itu berarti setiap pecatur punya kesempatan kedua untuk bertarung.

Delapan pemain terbaik Amerika Serikat turut serta. Mereka adalah Hikaru Nakamura, Fabiano Caruana, Wesley So, Levon Aronian, Samuel Sevian, Leinier Dominguez Perez, Sam Shankland, Ray Robson.

Hikaru Nakamura tak menemui kendala ketika mengalahkan Samuel Sevian Leinier Dominguez Perez dan Wesley So untuk juara champion bracket.

Juara Piala Amerika tahun lalu, Fabiano Caruana tampaknya belum bisa menemukan penampilan terbaiknya.

Pada kejuaraan kali ini, Fabi hanya bisa mengalahkan pecatur muda GM Ray Robson. Dia kemudian takluk dari Wesley So di semifinal champion Bracket. Ketika terlempar di Elimination Bracket, Caruana juga harus kalah dari Levon Aronian.

Levon Aronian yang kalah dari Leinier Dominguez Perez mencoba bangkit di elimination bracket. Dia mengalahkan Samuel Sevian dan Fabiano Caruana. Sayang dia kalah dari Wesley So di Final Elimination Bracket.

Nakamura kembali bertemu dengan So di babak grand final. Pada hari pertama Nakamura menang 4-2 atas Wesley So. Namun pada hari berikutnya, Wesley bangkit dan menyamakan kedudukan. Dia menang 3-1.

Penentuan juara harus terjadi pada hari ketiga. Tiga game keduanya bermain remis. Namun entah kenapa, pada game keempat, So melakukan blunder pos ronda. Dia memakan pion beracun yang berakibat menterinya terjebak oleh ancaman kuda.

So langsung mengulurkan tangan sambil nyengir malu-malu atas blundernya. Nakamura menjadi raja Amerika Serikat 2023.

Pada bagian putri, Juara AS 8 kali GM Irina Krush masih terlalu perkasa bagi pecatur muda yang lagi onfire, WIM Alice Lee.

DKI Jakarta Juara Umum Kejurnas Catur 2023

GM Hikaru Nakamura menambah rekeningnya dengan hadiah USD 50.000 juara plus USD 10.000 untuk pemenang bracket. Wesley So membawa pulang hadiah USD 35.000, Levon Aronian menerima cek sebesar USD 25.000. (BangKipot)