Messi, Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d’Or ke-8

F. G. Tangkudung
27 Des 2022 12:38
Sport 0 23
3 menit membaca

Gelar Piala dunia tersebut menjadi jaminan mutlak Lionel Messi bakal mendapat gelar berikut di awal tahun 2023, Yakni Pemain Terbaik FIFA 2022 (The Best FIFA Men Award).

==

Lionel Messi kembali ke performa terbaik usai melalui masa kelam sejak berpisah dengan Barcelona tahun 2021. Messi berlinang air mata ketika harus mengumumkan kepergiannya dari Barcelona, klubnya sejak berumur 10 tahun, Agustus 2021.

Itu berarti sebulan setelah Messi berhasil mengantarkan Argentina menjuarai Coppa America, Juli 2021.

Tampil di klub barunya, PSG, Messi tak langsung nyetel meski bergabung dengan sejumlah bintang seperti Neymar Jr dan Kylian Mbappe.

Meski jadi juara lokal, PSG tak berdaya kala mentas di Piala Champion 2021/2022. Lebih sesak, Messi dan PSG justru harus takluk dari Real Madrid di babak 16 besar.

Namun Messi berbenah. Dia mempersiapkan diri untuk musim berikutnya, termasuk Piala Dunia Qatar 2022.

Memasuki musim keduanya bersama PSG, Messi mulai tampil kinclong. Gol dan Assist mulai mengalir stabil dari kakinya. Puncaknya, dia berhasil membawa Argentina mejadi juara Piala Dunia 2022.

Penampilan luar biasa Messi selama turnamen mendapat penghargaan Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Tentu saja, gelar Piala dunia tersebut menjadi jaminan mutlak Lionel Messi bakal mendapat gelar berikut di awal tahun 2023, Yakni Pemain Terbaik FIFA 2022 (The Best FIFA Men Award).

Sejak berpisah dengan Ballon d’OR, FIFA kembali memberikan penghargaan ini mulai tahun 2016. Sejak 2016, sudah ada empat nama peraih gelar tersebut. Christiano Ronaldo, Luca Modric, Lionel Messi dan Robert Lewandoski. Dua nama terakhir meraihnya dua kali.

Jika objektif, Messi akan meraih gelar Pemain Terbaik FIFA untuk ketiga kalinya. Tentu saja Kylian Mbappe menjadi runner up.

Bagaimana dengan Ballon d’Or 2023? Tampaknya nama yang sama akan menjadi subjeknya. Jika tak ada kejutan besar, Lionel Messi akan meraih gelar tersebut untuk kali kedelapan.

Sebuah pencapaian fenomenal dan akan menjadi rekor yang mustahil terpecahkan oleh siapapun. Gelar kedelapan tersebut bakal makin meninggalkan jumlah koleksi Ballon dOr rival terberatnya, Christiano Ronaldo yang sudah punya lima piala.

Memang, sejak kemunculan keduanya di tahun 2007, Ronaldo dan Messi menjadi raja dalam 15 tahun terakhir. Waktu itu, Kaka menjadi pemenangnya, sedangkan Ronaldo dan Messi ada di peringkat dua dan tiga.

Sejak itu, tak ada pemain lain yang mampu menggoyang dominasi mereka, meski meraih gelar prestisius. Lihat saja nasib Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Wesley Sneijder, Arjen Robben, Manuel Neuer, Virgil van Dijk, Paul Pogba, Kylian Mbappe dan Mohamed Salah.

Satu nama yang sempat menyelip adalah Luca Modric, Legenda Real Madrid dan Kroasia  yang meraihnya tahun 2018. Rinciannya, dari 13 Balon d Or 2008-2021, 7 untuk Messi, 5 Buat Ronaldo dan 1 bagi Modric.

Pada penganugerahan tahun 2022, Karim Benzema yang mengkilap di Real Madrid menjadi nama baru peraihnya.

Baca: Mengenang Pele, Pemain Terbesar Sepanjang Masa

Untuk pertama kalinya tidak ada nama Messi atau Ronaldo dalam daftar tiga pemain terbaik. Bahkan, Ronaldo ada di posisi 20, sedangkan Messi tak masuk di daftar 30 besar. (BangKipot)