Maret, Call Center Manado Berbasis Android

F. G. Tangkudung
18 Feb 2020 17:33
Berita 0 79
2 menit membaca

Call Center Manado Siaga 112 adalah pengembangan Pemerintah Kota Manado, untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi dan bersifat darurat.

Penghargaan baik nasional dan internasional, Cerdas Command Center (C3) Pemkot Manado terus melakukan inovasi dalam melakukan pengembangan aplikasi berbasis android.

Baca: Call Center 112 Terima Ribuan Aduan

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pemkot Manado, Erwin Kontu mengatakan, pengembangan aplikasi berbasis andorid akan segera meluncur pada Bulan Maret mendatang.

“Aplikasi berbasis andorid akan segera kami luncurkan bulan depan, ini bertujuan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapat informasi,” kata Kontu, Selasa (18/2/2020).

Kontu menambahkan, kominfo akan melakukan transformasi dengan mengembangkan aplikasi mobile berbasis android. 

Sementara itu, Dengan aplikasi mobile ini, Pemkot berharap bisa mempermudah masyarakat untuk melaporkan masalah darurat yang terjadi.

“Pengembangan ke mobile membuat masyarakat lebih mudah dalam melaporkan setiap kejadian darurat yang terjadi,” jelasnya.

untuk inforrmasi, Call Center Manado Siaga 112 adalah pengembangan yang diusahakan Pemerintah Kota Manado, untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi dan bersifat darurat.

Masyarakat yang mengetahui kejadian bisa langsung melaporkan sehingga penangulangan suatu kejadian dapat tertangani dengan cepat.

Layanan Call Center ini juga bisa masyarakat akses secara gratis oleh masyarakat Manado tanpa menggunakan simcard.

Manado Siaga 112 adalah layanan pengaduan masyarakat untuk bencana, kebakaran, ambulance medis, kecelakaan, gangguan keamanan dan kasus-kasus  darurat lainnya.

Informasi, Call Center Manado mendapat penghargaan dari Contact Center World (CCW), yaitu melalui Public Service Call Center dan Best Emergency Call Center.

Penghargaan ini sebagai apresiasi karena Contact Center World menganggap bahwa Pemkot Manado berhasil dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik.

Di tahun penghujung tahun 2019, call Center Manado juga mendapatkan penghargaan international yang digelar di Bacerlona, Spanyol, Sabtu (7/12/2019).

Penghargaan yang didapat adalah medali emas pada kategori Layanan Darurat Best Emergency Service Center. Serta medali perunggu pada kategori Besr Public Service.

Manado mengalahkan 10 negara di kawasan Asia Pasifik yang ikut dalam pen pengembangan call center pemerintah.

Penghargaan ini juga menegaskan keberhasilan Pemkot Manado dalam mengembangkan sistem informasi berbasis android.

Penghargaan yang sama juga pernah diraih Pemkot Manado pada tahun 2018. Ini juga untuk mewujudkan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Manado menuju Manado Kota Cerdas 2012.

Penulis : Emmanuel Athlon

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *