Levon Aronian Juara WR Chess Masters 2023

F. G. Tangkudung
26 Feb 2023 12:57
Sport 0 42
3 menit membaca

Levon Aronian juara WR Chess Masters 2023 usai mengalahkan pecatur muda India, Domaraju Gukesh di babakTiebreak, Minggu (26/2/2023). Kemenangan ini begitu spesial, karena beberapa tahun terakhir, Levon jarang meraih gelar juara. Dia bahkan terlempar dari 10 besar pecatur dunia.

Ada 10 Grandmaster super yang tampil dalam kejuaraan WR Chess 2023. Selain Levon (USA), ada Ian Nepomniachtchi (Rusia), Wesley So (USA), Anish Giri (Belanda), Jan-Krzysztof Duda (Polandia) dan Andrey Esipenko (Rusia).

Ada juga empat pemain muda paling bersinar, yakni Nodirbek Abdusattorov (Uzbekistan), Domaraju Gukesh (India), Rameshbabu Praggnanandhaa (India) dan Vincent Keymer (Jerman).

Turnamen ini memainkan catur klasik 9 ronde atau roundrobin. Usai memainkan sembilan ronde, sebenarnya ada tiga pemain yang berada di puncak klasemen dengan poin sama yaitu 5,5/9. Mereka adalah Levon Aronian, Ian Nepo dan Domaraju Gukesh.

Penentuan juara akhirnya harus melalui partai tie break antara tiga pemain tersebut. Namun, Levon Aronian memang lagi on fire di turnamen ini. Dia memenangkan dua duel pertama dengan Ian Nepo dan Gukesh. Sementara Nepo kalah atas Gukesh.

Pertandingan penentuan berlanjut ke duel kedua antara Gukesh dan Levon. Meski memegang buah hitam, Levon kembali meraih kemenangan lewat keunggulan benteng dan satu bidak melawan gajah milik Gukesh.

Levon Aronian juara WR Chess Masters 2023

Wesley So berada di peringkat empat dengan 4,5/9 poin. Sedangkan enam pemain sisa memiliki poin sama yakni 4/9.

Dari turnamen ini, terlihat Performa Jan-Krzysztof Duda dan Andrey Esipenko agak menurun dan tidak konsisten. Padahal dua pemain ini, memiliki potensi besar. Terlebih Duda, yang menjadi juara piala dunia catur perorangan tahun 2021.

Sebaliknya, penampilan Nodirbek Abdusattorov dan Domaraju Gukesh makin aduhai. Kini dua pecatur muda tersebut menyodok ke 20 besar dunia. Jika penampilan keduanya terus konsisten, peluang besar terbuka untuk menjadi juara dunia tak terbantahkan di masa mendatang.

Nodirbek Abdusattorov yang berusia 18 tahun adalah juara dunia catur cepat 2021. Dia juga memimpin tim Uzbekistan meraih medali emas pada olimpiade catur 2022.

Sedangkan Domaraju Gukesh yang baru berumur 16 tahun, kini menjadi pecatur nomor tiga India di bawah sang legenda, Vishy Anand (2754) dan seniornya Vidit Santosh Gujrathi (2730). Fide Ratingnya kini 2729 atau hanya tertinggal 1 poin dari Vidith. Gukesh menjadi pemain papan 1 terbaik di olimpiade catur 2022.

Kembali ke Levon Aronian, penampilan konsisten dengan analisa matang menjadi kuncinya menjadi juara turnamen ini. Meski sekali tergelincir ketika kalah atas Ian Nepo di babak 7, Levon terus mempimpin klasemen. Dia meraih 3 kemenangan atas Nodirbek, Anish Giri dan Pragg.

Levon Aronian kini berusia 41 tahun. Dia pernah menempati peringkat dua FIDE. Prestasi terbesarnya adalah meraih 3 medali emas olimpiade catur bersama Armenia (2006, 2008 dan 2012). Sekarang Aronian berpindah kewarganegaraan ke Amerika Serikat.

Dia juga meraih piala dunia catur perorangan FIDE 2005 dan 2017. Bukan hanya itu, Aronian adalah juara dunia catur cepat 2009 dan juara dunia catur kilat 2010.

Baca: 8 Grand Master Catur Asal Indonesia

Agus Sugianto Juara Catur Olly Dondokambey Cup

FIDE rating tertingginya adalah 2835 pada Februari 2013, merupakan tertinggi keempat dalam sejarah setelah Magnus Carlsen (2889), Garry Kasparov (2856) dan Fabiano Caruana (2851). (BangKipot)