Hikaru Nakamura, Pecatur Terkaya di Dunia

F. G. Tangkudung
8 Mar 2023 13:36
Sport 0 115
3 menit membaca

Christopher Hikaru Nakamura lahir pada tanggal 9 Desember 1987. Dia adalah seorang grandmaster berdarah Jepang-Amerika.

Pada usia 15 tahun atau tepatnya tahun 2003, Hikaru menjadi pecatur Amerika Serikat termuda yang mendapatkan gelar Grandmaster catur. Dia merupakan juara Amerika Serikat lima kali. Hikaru juga pernah meraih medali emas di Olimpiade Catur.

Pada Mei 2014, ketika FIDE mulai menerbitkan peringkat catur cepat dan kilat resmi, Nakamura menduduki peringkat nomor satu di dunia pada kedua daftar tersebut.

Pada Oktober 2015, Hikaru mencapai peringkat FIDE tetinggi yakni 2816 dan menempatkannya di peringkat dua dunia, di bawah Magnus Carlsen.

Nakamura lahir di Hirakata, Prefektur Osaka, Jepang, dari seorang ibu Amerika, Carolyn Merrow Nakamura, seorang musisi klasik terlatih dan mantan guru sekolah umum. Ayahnya Shuichi Nakamura. Hikaru Nakamura memiliki kakak laki-laki, Asuka.

Ketika dia berusia dua tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat, dan, setahun kemudian pada tahun 1990, orang tuanya bercerai.

Hikaru kemudian besar di White Plains, New York. Dia mulai bermain catur pada usia tujuh tahun. Pelatihnya adalah ayah tirinya yang berasal dari Sri Lanka, seorang FIDE Master dan penulis catur, Sunil Weeramantry.

Pada usia 10 tahun, Hikaru Nakamura mengalahkan Master Internasional, Jay Bonin di Klub Catur Marshall.

Hikaru Nakamura terus memperlihatkan bakatnya dan menjadi pemain termuda yang meraih gelar master catur dari Federasi Catur Amerika Serikat.

Tahun 2003, pada usia 15 tahun dan 79 hari, Hikaru Nakamura menjadi orang Amerika termuda yang mendapatkan gelar grandmaster memecahkan rekor Bobby Fischer.

Garry Kasparov, legenda asal Rusia pernah menjadi pelatih Hikaru Nakamura, meski tak berlangsung lama.

Tahun 2022, dia menjadi peserta turnamen kandidat untuk menantang Magnus Carlsen. Sayang, pada pertandingan terakhirnya, dia kalah melawan pecatur asal China, Ding Liren.

Padahal, Hikaru hanya membutuhkan hasil remis untuk mengamankan posisi kedua. Alhasil, Ding Liren naik ke posisi dua, dan Teimour Radjabov dari Azerbaijan naik ke posisi tiga meski memiliki poin sama dengan Hikaru, 8,5.

Namun, saat itu Magnus Carlsen belum mengumumkan akan melepaskan gelar juara dunianya. Kini pemenang (Ian Nepo) dan Runner up (Ding Liren) turnamen tersebut akan memperebutkan gelar juara dunia tahun 2023.

Hikaru Nakamura menjuarai turnamen catur cepat dan kilat, Rapid Chess Championship 2022. Kejuaraan online ini rutin berlangsung di chess dot com setiap akhir pekan.

Hikaru Nakamura kini tekenal sebagai youtuber catur (GMHikaru) dan twitcher (TV Broadcast) dengan pengikut masing-masing lebih dari 1,3 juta orang. Dia juga menjadi pecatur terkaya saat ini. Selain itu dia aktif di Facebook, Instagram dan Twitter.

Menurut sebuah sumber, kekayaan Nakamura saat ini lebih dari 50 juta dolar atau lebih dari 700 miliar Rupiah.

Sebagian besar kekayaannya berasal semua media sosial miliknya dan sponsor. Nominal ini tentunya akan terus bertambah karena, pengikutnya terus naik. Karirnya dalam dunia catur juga masih berjalan. Hikaru menginvestasikan sebagian penghasilannya di saham.

Sebagai perbandingan, sumber yang sama menyebutkan kekayaan Magnus Carlsen, juara dunia yang baru saja melepas gelarnya, ‘hanya’ di kisaran 8 juta dolar atau kurang lebih dari 115 miliar.

Hal lucu, pada saat turnamen kandidat 2022, Hikaru mengaku kehilangan banyak uang, karena mengikuti turnamen tersebut. Hal itu juga menjelaskan kenapa Hikaru Nakamura masih aktif di youtube walaupun sedang mengikuti turnamen kandidat.

Hal lain yang menarik, Hikaru Nakamura juga adalah penggemar berat permainan poker.

Namun yang paling identik dengan Hikaru saat bemain catur adalah selalu melihat ke langit-langit dengan kepala bergoyang-goyang. Mungkin itulah cara dia berpikir sambil mengkalkulasi langkah berikutnya.

Hal ini tentunya mengingatkan pecinta catur dengan film Serial The Queens Gambit yang dibintangi Anya Taylor-Joy.

Film itu bercerita Beth Harmon (Anya Taylor-Joy) seorang bocah wanita yang memiliki kemampuan ingatan luar biasa. Dia kemudian menjadi juara dunia catur.

Baca: https://newsantara.id/2023/03/08/sultan-khan-pecatur-jenius-versi-capablanca/

Menariknya, ketika berpikir dia selalu melihat ke plafon  dan melihat banyak bidak catur. Hal yang selalu Hikaru Nakamura lakukan. (BangKipot).