Geopark Maros Pangkep Jadi UNESCO Global Geopark

F. G. Tangkudung
25 Mei 2023 21:01
Jelajah 0 163
2 menit membaca

Geopark Maros Pangkep Sulawesi Selatan resmi menjadi UNESCO Global Geopark. Keputusan ini menyusul hasil penetapan Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216, Rabu (24/05/2023), di Paris, Prancis.

Selain penetapan Geopark Maros Pangkep, ada juga Ijen UNESCO Global Geopark (Jatim), Merangin Jambi UNESCO Global Geopark serta Raja Ampat UNESCO Global Geopark (Papua Barat Daya) yang masuk daftar serupa.

Keempat geopark Indonesia bersama 18 situs lainnya masuk dalam agenda penetapan di Paris, 2023 ini. Secara global, kini total ada 195 Global Geopark UNESCO yang berada di 48 negara dunia.

Dari tinjauan geografis, Geopark Nasional Maros Pangkep merupakan wilayah yang terbentang di antara Kabupaten, yakni Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Total luas wilayah darat 223.629 ha dan Kepulauan Spermonde dengan luas 88.965 ha.

Kawasan GNMP memiliki keindahan alam (geodiversity), keanekaragaman hayati (Biodiversity) serta keragaman budaya (cultural diversity).

Keunikan Geopark Maros Pangkep (GNMP) adalah bentangan Karst Maros Pangkep yang merupakan karst terbesar kedua di Asia setelah China Selatan. Bentuknya juga unik yakni bersusun seperti menara.

Selain itu, ada juga keindahan Air Terjun Bantimurung, Air Terjun Lacolla, Danau Kassi Kebo dan Taman Purbakala Leang-leang.

Hutan Batu Balocci Baru , Hutan Amarai, Hutan Pendidikan Bengo, Pemandian Air Panas Mallawa, Telaga Bidadari bakal menambah decak wisatawan kagum ciptaan-Nya. Pun dengan Kompleks Gua Bersejarah, Situs Arkeologi Siloro dan Taman Prasejarah Sumpangbita.

Penetapan Geopark Maros Pangkep dan tiga lainnya kini membuat Indonesia memiliki 10 UNESCO Global Geopark.

Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki Geopark Unesco yakni Geopark Batur Bali, Geopark Gunungsewu Yogayakarta, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Jawa Barat, Geopark Rinjani-Lombok NTB, Geopark Kaldera Toba Sumatera Utara dan Geopark Belitong Kepulauan Babel.

Penetapan UNESCO Global Geopark memang butuh waktu. Ada sejumlah kriteria yang jadi poin penilaian. Seperti geokonservasi, geowisata, warisan geologi dan budaya dan lainnya.

Sekadar informasi, ada sejumlah geopark nasional Indonesia yang kini masuk list tunggu untuk menjadi UNESCO Global Geopark.

Ada tiga geopark Sumatera Barat yakni  Geopark Silokek, Geopark Ngarai Sianok-Maninjau dan Geopark Sawahlunto. Ada juga Geopark Natuna (Kepulauan Riau), Geopark Meratus (Kalimantan Selatan) dan Geopark Gunung Merangin (Jambi).

Baca: Hotel.co.id Situs Cari Hotel Murah Terbaik

Selanjutnya, ada Geopark Pongkor (Jawa Barat), Geopark Karangsambung-Karangbolong (Jawa Tengah), Geopark Gunung Bojonegoro (Jawa Timur) dan Geopark Gunung Tambora (NTB). (fgt)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *