Duet Sri Mulyani dan Erick Thohir Jadi Andalan LPI

F. G. Tangkudung
28 Jan 2021 22:18
Berita 0 76
2 menit membaca

Indonesia secara resmi memiliki satu lembaga independen baru yang bernama Lembaga Pengelola Investasi ( LPI).

Presiden Joko Widodo resmi melantik lima orang Dewan Pengawas LPI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/01/2021).

Baca: Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Jokowi di Tahun 2021

Menurut Joko Widodo, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Invesment Authority (INA), nantinya akan menjadi alternatif pembiayaan untuk pembangunan Indonesia.  

Adapun Dewan Pengawas lembaga ini terdiri dari tiga orang dari kalangan profesional yaitu, Haryanto Sahari, Darwin Cyril Noerhadi dan Yozua Makes.

Dua orang lainnya berasal dari unsur pemerintahan, yaitu Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Sri Mulyani Indrawati menjadi Ketua Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi/ Indonesia Invesment Authority (INA).

Pembentukan lembaga ini sendiri berdasarkan pada UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dan PP Nomor 74 Tahun 2020.

Untuk pembentukan Dewan Pengawas didasarkan pada Keppres Nomor 6/P/2021. Dewan Pengawas ini akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Tugas dari Dewan Pengawas adalah melakukan pengawasan atas penyelenggaraan LPI dari para Dewan Direktur.

Menteri Keuangan (Menkeu) sekaligus Ketua Dewan Pengawas LPI, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pembentukan Lembaga Pengelola Investasi ini memiliki empat tujuan utama.

“Untuk memperoleh manfaat ekonomi dan sosial di masa depan, menciptakan lapangan kerja, memberikan kontribusi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya, serta memperoleh keuntungan,” jelas Sri Mulyani.

Dia juga menambahkan, dalam pengelolaan risiko dan pelaksanaan tugas, pada struktur LPI, akan ada Dewan Direktur yang akan membentuk komite manajemen risiko.

“Anggotanya berasal dari Dewan Direktur, pegawai, dan pihak lain yang memiliki pengalaman,” kata dia.

Sekadar informasi, untuk Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi (LPI) kini masih dalam proses pembentukan.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berharap, Dewan Direktur LPI ini bisa terbentuk dalam waktu seminggu usai pelantikan Dewan Pengawas.

Dia juga meminta agar Lembaga Pengelola Investasi segera tancap gas untuk bekerja, sesuai rencana. Apalagi dalam keadaan ekonomi yang global yang terpuruk, karena pandemi Covid19. (ido) 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *