Call Center 112 Terima Ribuan Aduan

Bang Kipot
20 Jan 2020 19:18
Berita 0 254
2 menit membaca

Layanan Smart City pemkot Manado, Call Center Manado Siaga 112 mendapat banyak aduan dari masyarakat.

Dari data, dinas Infokom Manado mencatat ada ribuan aduan yang masuk dari masyarakat kepada Pemkot Manado.

Kepala Dinas Infokom Manado, Erwin Kontu menyebut, lebih dari seribu laporan telah masuk. Laporan yang masuk ada bermacam-macam, baik bersifat darurat maupun non darurat.

Baca: Lagu Manado Populer Sepanjang Masa

“Totalnya ada 1.132 laporan yang masuk. 842 laporan yang masuk itu bersifat darurat dan 290 laporan itu tidak darurat,” kata Kontu di ruang kerjanya, Senin (20/1/2020).

Lanjut dia, dengan banyaknya laporan yang masuk dari masyarakat, Kontu berterima kasih kepada warga. Menurutnya, warga cukup aktif ikut dengan sigap melaporkan kejadian yang terjadi di wilayah masing-masing.

“Dengan adanya banyak laporan itu berarti upaya Pemkot dalam mengembangkan Cal Center 112 berhasil. Karena masyarakat juga langsung melapor bila terjadi kejadian baik darurat atau non darurat,” jelasnya.

Lanjut dia, Dari semua laporan yang masuk, laporan mengenai ketertiban dan keamanan menempati posisi teratas mencapai 137 laporan dan laporan kebakaran berjumlah 123 laporan.

“Laporan terbanyak adalah keamanan dan ketertiban, disusul laporan kebakaran. Karena terjadi di saat Manado kekeringan panjang,” beber Kontu.

Sementara itu, laporan mengenai keberadaan tiang listrik dan masalalh kelistrikan mencapai angka 140 laporan. Masalah air bersih juga terlapor sebanyak 62 kasus.

“Seluruh statistik laporan telah direkam, kami akan memiliki kajian terkait kebijakan. Tinggal menunggu arahan dari Pak Walikota dan Wakil Walikota,” bebernya.

Keberhasilan Pemkot dalam menangani keluhan warga melalu Call Center 112 juga tak terlepas dari kerjasama yang baik dengan SKP lainnya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada SKPD yang telah membantu menyelesaikan laporan warga melalui Call Center 112 ini,” tambah mantan Kabag Humas Pemkot Bitung.

Informasi, laporan masyarakat kepada Call Center 112 dibagi menjadi dua bagian yaitu bersifat darurat da non darurat.

Bersifat darurat seperti masalah ketentraman dan ketertiban, kebakaran, kesehatan, bencana alam, Kerusuhan, kecelakaan, kriminalitas, dan keadaan darurat lain.

Dan yang masuk laporan non kedaruratan juga yaitu tentang bangunan liar, tiang listrik dan telekomunikmasi, air bersih, sampah, penerangan jalan umum dan pohon miring/tumbang.

Penulis : Emmanuel Athlon

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *