BRI Optimalkan QRIS untuk Pedagang, Apa itu?

F. G. Tangkudung
11 Mar 2020 05:39
Berita 0 155
2 menit membaca

Pekan QRIS Nasional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) disupport penuh oleh Bank BRI Cabang Manado.

Bank pelat merah ini getol mensosialisasi program Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS. BRI berkomitmen menaikkan jumlah penggunaannya pada tahun 2020 ini.

Berbagai program kerjasama dilakukan oleh BRI Cabang Manado, untuk melakukan sosialisasi serta mengajak pelaku ekonomi untuk menggunakannya saat bertransaksi.

Usai mengunjungi Universitas Sam Ratulangi pada Senin kemarin, Bank BRI menyisir para pedagang di kawasan pusat kota untuk sosialisasi, di Jalan Roda, Selasa (10/3/2020).

Kepala kantor Wilayah BRI Manado, Rudy Andimono mengatakan, saat ini Bank BRI fokus untuk mengajak pelaku UMKM dan pedagang pasar di Kota Manado bertransaksi memakai QRIS.

“Kami targetkan untuk UMKM dan perdagang di pasar. Sebagai tahap awal BRI akan mengoptimalkan dua pasar besar di Manado yaitu Pasar Bersehati dan Pasar Pinasungkulan,” kata Andimono.

Dia menambahkan, pihaknya telah mengimplementasikan QRIS kepada lebih dari 1.000 pedagang di kedua pasar tersebut.

“Pedagang di Pasar Pinasungkulan dan Pasar bersehati sangat antusias. Kami berharap ke depannya lebih banyak pedagang yang mau menggunakannya sebagai alat pembayaran non tunai,” jelasnya.

Untuk pelaku usaha mikro, Andimono menyebut sudah lebih dari 3.000 UMKM yang mengajukan penggunaan QRIS bagi usaha mereka.

“Ya, UMKM juga sudah ribuan yang sudah mengajukan. Apalagi sistem pembayaran non tunai kan lebih gampang dan aman,” tambah mantan Pimpinan Cabang BRI Cabang Ahmad Yani Makassar.

Melihat respon pasar yang antusias, Andimono yakin penggunaan QRIS dalam melakukan pembayaran akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

“Memang tren sekarang adalah pembayaran non tunai. Apalagi hampir semua pelaku usaha menggunakan android dan itu sangat membantu,” pungkasnya.

QRIS adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. Produk ini diluncurkan oleh Bank Indonesia pada medio Agustus 2019 lalu.

QRIS menggunakan kode QR standar internasional EMV Co., yang sudah dipakai di berbagai negara seperti Malaysia, India, Thailand, Singapura, hingga Korea Selatan. (ads)

Penulis : Habel Sirenden

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *