Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargaan pelayanan publik terbaik, kepada bandara-bandara di Indonesia.
Dari 13 bandara dibawah manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), berhasil meraih penghargaan tersebut.
Penghargaan dibagi menjadi tiga kategori yaitu Kategori Pelayanan Prima Utama, Pelayanan Prima Madya serta Pelayanan Prima Pratama.
Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, meraih penghargaan tertinggi yaitu Kategori Prima Utama.
Bandara Sam Ratulangi Manado meraih penghargaan Kategori pelayanan Prima Madya. Selain Manado, ada juga Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Lombok.
Kategori tersebut juga diraih, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Juga ada Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
Dari ujung timur Indonesia, Bandara Frans Kaisiepo Biak, berhasil meraih penghargaan Kategori Pelayanan Prima Pratama.
Dirut PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi mengatakan, hasil yang diraih semua bandara di bawah manajemen AP I harus diapresiasi.
Pelayanan dan standar service yang baik, diterapkan di semua bandara AP I, menunjukkan semua bandara ini layak diberikan penghargaan oleh Kementerian Perhubungan.
“Stardar pelayanan merata yang diterapkan oleh AP I, bisa membawa kenyamanan bagi penumpang, dan para pelaku bisnis yang menikmati layanan bandara kita,” kata Fahmi.
GM Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero).
“Ini adalah hasil kerjasama dan koordinasi yang baik, antara manajemen AP I dengan setiap bandara di bawah kendali AP I,” katanya.
Dengan hasil ini, Minggus berharap semua karyawan yang ada di Bandara Sam Ratulangi, bisa senang dengan penghargaan ini.
“Penghargaan ini saya persembahkan kepada teman-teman di Bandara Sam Ratulangi Manado. Mari kita tingkatkan pelayanan dan service kita kepada setiap tamu yang menggunakan jasa kita,” ujar Minggus dengan wajah sumringah.
Baca juga: Bandara Sam Ratulangi Wakili AP I dalam Survey ACI 2018
Ditambahkannya, ke depan Bandara Sam Ratulangi akan lebih berbenah dalam pelayanan dan fasilitas. Karena kerja keras akan mendatangkan hasil yang memuaskan bagi semua orang.
Penulis : Habel Sirenden