Azarya Jodi dan Chelsie Monica Juara Catur Kilat Kejurnas

F. G. Tangkudung
19 Mar 2023 00:42
Sport 0 94
2 menit membaca

IM Azarya Jodi Setyaki (DKI Jakarta) dan WIM Chelsie Monica Sihite (Kaltim) menjadi juara catur kilat Kejurnas Catur ke-49, Sabtu (18/3/2023) di Jakarta. Dia mengungguli IM Yoseph Theopilus Taher (Kalteng) dan NM Dziththauly Ramadhan (Jatim) di posisi dua dan tiga.

IM Azarya Jodi Setyaki dan IM Yoseph Theopilus Taher menunjukkan performa luar biasa setelah meraih poin sempurna 7/7.

Hasil ini merupakan podium yang kedua bagi Azarya Jodi Setyaki, karena sebelumnya dia berhasil menjadi runner up di bawah pecatur nomor satu Indonesia, Susanto Megaranto di nomor catur klasik (90m+30s).

Pada ronde terakhir di nomor catur kilat, IM Azarya Jodi Setyaki bertemu NM Sugeng Prasetyo. Melihat permainan endgame, sepertinya akan berakhir remis.

Bahkan Sugeng sempat unggul dengan pion berpotensi promosi di jalur A. Namun, di detik-detik akhir permainan, Azarya Jodi unggul ketika Sugeng melakukan blunder ala pos ronda yang mengakibatkannya kehilangan benteng secara gratis.

Pada bagian putri, ratu catur kilat Indonesia WIM Chelsie Monica Sihite kembali menunjukkan dominasinya.

Meski sempat terpeleset di ronde terakhir, kalah dari Angel Ruth Nugroho (Jateng), dia tetap menjadi juara nomor catur kilat Kejurnas. Angel Ruth Nugroho (Jateng) dan WFM Retno Wijayanti (Jatim) menyusul di bawah Chelsea.

Pada klasemen akhir, Chelsie Monica Sihite, Angel Ruth Nugroho dan Retno Wijayanti memiliki poin sama 6/7. Namun pada TB 3, Chelsea unggul setengah poin 32,5-32 atas Angel dan berhak Juara Catur Kilat Kejurnas ke-49.

Penampilan Angel Ruth Nugroho di Kejurnas kali ini cukup mendapat perhatian. Meski berstatus pemain non gelar, dia berhasil mengalahkan dua ratu langganan pelatnas WIM Ummi Fisabilillah dan WIM Chelsie Monica Sihite.

Untuk kategori junior U-19, NM Nayaka Budhidharma (Jatim) jadi yang terbaik mengungguli Ahmad Riziq (Jateng) dan NM Zacky Dhiaulhaq (Sulteng)

Pada kategori wanita, tiga pemain non gelar berhasil menduduki podium juara setelah mempecundangi para pecatur bergelar. Berturut-turut sesuai urutan juara adalah Zata Dirayati Adani (Sulteng), Kamila, Hildy Lavely (Jatim) dan Tri Utami (Kalbar).

Baca: Megaranto dan Ummi Juara Kejurnas Catur 2023

Ketiganya menenggelamkan nama-nama seperti WNM Ivana Maria Treopolsa Lasama (Papua), WNM Cecilia Natalie Liuviann (DKI Jakarta), WCM Theodora Paulina Walukow (DKI Jakarta) dan WFM Samantha (Percasi). (BangKipot)