Garansi Sukses Alih Profesi Bersama Arkademi

F. G. Tangkudung
20 Feb 2023 12:32
Pustaka 0 121
10 menit membaca

Alih Profesi Bersama Arkademi menjadi solusi bagi para pekerja yang masih merasakan kebimbangan dan dilema ketika hendak berganti karir. Arkademi.com jaminan menuju sukses karena mentor dan tenaga pengajarnya kapabel, berkualitas dan pengalaman.

Apa itu Alih Profesi?

Sebelum membahas lebih jauh soal arkademi, banyak yang tak tahu soal pindah karir atau alih profesi. Alih karir  adalah berpindahnya seseorang dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Sementara itu, alih profesi adalah berpindahnya seseorang ke pekerjaan lain, namun profesinya berbeda dan benar-benar tak berkaitan dengan pekerjaan sebelunya.

Alih terjadi karena beberapa alasan. Fenomena alih karir atau alih profesi mulai marak terjadi ketika pandemi covid 19 melanda. Tak terhitung para pekerja yang harus banting stir akibat perusahaannya pailit. Banyak dari mereka yang berani pindah jalur profesi, bahkan benar-benar berbeda dari jurusan/ keahlian akademik karena untuk melanjutkan hidup.

Contoh Alih Profesi

Banyak contoh alih profesi  yang sudah terbentang, banyak orang yang sukses melakoni profesi barunya. Lihat saja, ada bankir menjadi petani, sarjana hukum jadi barista, insinyur buka rumah makan, politisi sukses beternak ikan atau dokter fokus jadi youtuber.

Selain mencari cuan, ada beberapa alasan career switch, mereka beralih profesi mencari kenyamanan dalam bekerja. Kini tak ada lagi rutinitas menjemukan atau tuntutan bos galak. Sekarang bisa beraktivitas sesuai gairah (passion).  Namun yang terpenting juga, prioritas alih profesi adalah untuk memiliki lebih banyak waktu dekat dengan keluarga dan orang-orang tersayang.

Berikut sejumlah alasan para pekerja memilih pindah karir atau alih profesi tahun 2023.

Alasan untuk Alih Profesi

Gairah 

Ini merupakan alasan terbesar seseorang ingin alih karir. Bekerja sesuai passion adalah dambaan semua orang. Mereka ingin bekerja sesuai dengan hobi dan gairah. Melakukan sesuatu yang dicintai sembari mendapatkan gaji adalah sebuah impian. Pastinya, pekerjaan tersebut tak akan mendatangkan kebosanan karena melakukannya dengan rasa cinta.

Gaji

Faktor gaji juga cukup besar menjadi alasan para pekerja melakukan alih karir. Mungkin karir lama tak bisa lagi menopang kebutuhan ekonomi, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Keputusan memilih beralih ke karir lain tentu saja demi gaji lebih baik dan memberikan jaminan masa depan.

Pekerjaan Lama

Hal ini juga banyak menjadi alasan. Sebagian orang memilih career switch karena situasi di tempat sebelumnya tidak kondusif lagi. Contoh: buruknya hubungan dengan atasan, rekan kerja atau permintaan dari orang tercinta soal pekerjaan. Alhasil, tak ada lagi kenyamanan untuk menghabiskan waktu jam ke jam, hari ke hari. Akibatnya muncul rasa tertekan dan frustasi, berkarir layaknya di neraka.

Keluarga

Mayoritas, alasan ini datang dari para wanita karir dan sudah memiliki momongan. Mereka tidak ingin kehilangan waktu terbaiknya bersama anak-anaknya. Beraktivitas di rumah sambil mengasuh buah hati adalah hal paling indah yang ingin mereka lakukan. Banyak contoh wanita karir sukses yang ternyata memilih alihprofesi dengan membuka usaha dari rumah, terlebih dengan dukungan media sosial.

Namun, yang perlu dipahami, menjalani alih karir tak menjamin langsung sukses. Perlu kerja ekstra dan perjuangan berat untuk mencapai titik sesuai impian. Memang, hidup adalah pilihan, dengan konsekwensi dan risiko masing-masing.

Kehadiran AI (Artificial Intelligence)

Pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, menghadirkan sebuah penemuan baru berbasis Artificial Intelligence (AI). Lihat Hal ini memungkinkan teknologi menggantikan peran manusia di banyak profesi. Dampaknya sudah terlihat. Ratusan profesi kini hilang dan ribuan lainnya perlahan namun pasti berangsur hilang tergantikan peran robot.

Alih Profesi Bersama ARKADEMI

Arkademi adalah kursus online terkemuka di Indonesia. Sudah terbukti membantu jutaan orang meningkatkan skill, kemampuan dan ketrampilan dalam berbagai bidang keahlian untuk karir lebih maju. Arkademi bermitra dengan lebih dari 100 sekolah, juga sejumlah lembaga sertifikasi profesional dan pusat pelatihan berlisensi.

Kursus Online Arkademi menghadirkan pembelajaran berkualitas, pengajar/ instruktur berpengalaman dan metode yang praktis. Tentu saja dengan komitmen, membantu pekerja Indonesia untuk mengejar industri 4.0 sehingga punya daya saing menuju sukses.

Kursus SEO Jadi Pilihan

Sejumlah pelatihan bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kemampuan dan skill sebelum memasuki profesi yang baru. Salah satunya kursus teknik SEO. Selain itu, ada juga pilihan kursus online tentang topik Project Manager, Data Scientist, Mobile Developer, UI UX dan juga masih banyak lainnya.

Semua tersedia dengan mentor berkualitas dan harga terjangkau. Beralih Profesi dengan bimbingan ARKADEMI kursus SEO berprospek cerah, karena jaminan mentor dan tenaga pengajarnya kapabel, berkualitas dan pengalaman.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik atau trik untuk  mengoptimisasi website untuk ramah dengan mesin pencari. Tujuannya, memudahkan mesin pencari mengenali, menemukan serta menempatkan konten di halaman teratas sesuai kata kunci pengguna.

Kini, banyak pelaku usaha menggunakan jasa praktisi SEO untuk meningkatkan jualan atau brand, demi perkembangan usaha.

Alih Profesi Bersama Arkademi belajar Search Engine Optimization (SEO) sangat signifikan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Dengan memahami manfaat SEO, pelaku usaha bisa menjangkau pasar lebih luas dengan efektif namun hemat anggaran. Sesuai data Alphabet Announces Fourth Quarter, kini banyak industri digital jor-joran fokus untuk berinvestasi di mesin pencari.

Video Alih Profesi Bersama ARKADEMI

Alasannya, usaha yang muncul di pencarian teratas dalam mesin pencari tentu memiliki bonafiditas dan kredibilitas di mata pelanggan (brand awareness). Selanjutnya, User Experience (UX) terhadap suatu bisnis akan berdampak pada tingkat traffic dan kunjungan. Selain menjangkau pasar lebih luas secara internasional, performa bisnis di tingkat lokal akan jauh lebih maksimal.

Dengan SEO, pelaku usaha juga bisa menjaring pelanggan dengan tepat sesuai keinginan dan tujuannya. Juga bisa memberikan data perilaku konsumen melalui sejumlah tools Google seperti Google Search Console serta Google Analytics. Penerapan SEO dalam sebuah usaha juga jelas merupakan investasi terbaik untuk jangka panjang.

Banyak peluang karir praktisi  SEO ketika kursus Alih Profesi Bersama Arkademi. Mulai dari Copywriter, Content Writer, SEO Writer, SEO Strategist, SEO Analyst dan SEO Specialist.

Alih Profesi Bersama Arkademi Solusi Sukses

Tips Melangkah untuk Alih Profesi

Alih profesi mau tidak mau harus menjadi pilihan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga atau alasan kenyamanan. namun, perlu menjadi perhatian, sebelum mengundurkan diri, career switch atau pindah profesi, tentu saja ada beberapa hal yang harus menjadi persiapan agar mendapatkan hasil maksimal.

Berikut beberapa tips untuk persiapan sebelum meraih kesuksesan dalam alih profesi bersama Arkademi.  Persiapkan waktu, mental dan materi untuk meraih kesuksesan sesuai rencana.

Kenali Potensi Diri

Hal ini adalah faktor paling substansial dan mendasar. Seseorang harus tahu mengukur kemampuan dan skill yang dia miliki. Cari alternatif, solusi dan partner untuk menutupi kekurangan. Semua itu harus saling bersinergi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Gairah/ Passion

Urutkan profesi atau daftar pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan gairah (passion) kita. Tentunya akan sangat menyenangkan jika menggeluti sebuah pekerjaan yang kita cintai atau sesuai hobi kita. Semua akan terasa jauh lebih menyenangkan.

Cari Pelatihan/ Mentor

Sebelum terjun memulai profesi baru, sebuah hal wajib adalah mencari pelatihan atau mentor yang akan menuntun langkah kita. Hal ini sangat penting untuk mengombinasikan ilmu dan passion yang kita miliki dalam melangkah setapak demi setapak.

Kini sudah banyak pelatihan terpercaya dengan tenaga pengajar yang berkualitas. Lihat tips memilih kursus online untuk menjamin peningkatan kemampuan dan ketrampilan dalam menggeluti profesi yang baru.

Sertifikat atau lisensi dari akademi/ pelatihan tentu saja menjadi modal penting untuk meningkatkan kredibilitas usaha kita di mata konsumen nantinya, terlebih dalam persaingan usaha.

Lihat Contoh Orang Sukses

Dengan kemajuan teknologi dan kehadiran media sosial, kini tak sulit untuk mencari testimoni atau tips dan trik dari mereka yang sudah lebih dulu terjun di profesi tersebut. Lihat cara kerjanya, ambil pelajaran tersebut. Jika ada kekurangan, benahi dalam usaha baru kita. Seiring waktu, pengalaman adalah guru yang berharga.

Perbanyak Relasi

Relasi adalah kunci kesukesan semua usaha. Para kenalan dan konsumen akan menjadi tenaga pemasaran gratis untuk usaha anda. Untuk itu, selalu menanamkan kebaikan dan keramahan dalam setiap hal. Satu Musuh terlalu banyak, seribu kawan terlalu sedikit.

Tapi, perlu menjadi perhatian. Tidak semua orang akan mendukung usaha kita. Bahkan ada yang terang-terangan membuat usaha kita jatuh. Lakukan semua dengan hati, jalankan yang terbaik, sisanya serahkan kepada Tuhan.

Jangan Pernah Menyerah

Semua hasil membutuhkan usaha dan proses. Banyak pengorbanan, perjuangan keras utnuk mencapai titik tertentu. Buat perencanaan matang, capai tahap demi tahap. Jika ada kendala atau gagal, jangan pernah menyerah. Ada banyak pintu terbuka. Bangun lagi dan gapai mimpi itu, seperti tekad sebelum memulai.

Kapan waktu yang tepat untuk memutuskan alih profesia tau berhenti dari pekerjaan sekarang?

Waktu yang PAS untuk Beralih Profesi 

Tidak pernah ada kata terlambat, selama kita memiliki tekad dan keyakinan. Mulailah ketika ada kesempatan, jangan terlalu banyak menunda. Tidak boleh lagi ada paradigma, merasa sudah terlalu tua untuk belajar lagi atau memahami dunia baru.

Jangan lupa, Kolonel Sanders pendiri KFC baru sukses di usia 65 tahun setelah berkali-kali gagal. Atau Wang Deshun aktor yang menjadi gelandangan kemudian bangkit di usia 80. Pun, Joe Biden menjadi Presiden AS berumur 78 tahun. Tuhan Maha Tahu yang terbaik buat hamba-Nya.

Alih Profesi Bersama Arkademi Solusi Sukses

Sekali lagi,  selalu ingat Arkademi sebagai pilihan utama dalam kursus online. Ingat beberapa tips untuk memilih pelatihan agar mendapatkan hasi maksimal

Tips Memilih Pelatihan

Memiliki pekerjaan yang nyaman dan sesuai passion adalah dambaan semua orang. Apalagi jika hobi bisa memberi penghasilan yang lumayan besar.

Coba lihat bagaimana seorang atlit yang bisa menggantungkan hidup dari hobinya. Atau seorang fotografer yang bisa jalan ke luar negeri hanya untuk memotret. Ada juga gamers atau tukang ngulik komputer yang bisa mendapatkan uang dari hobinya.

Namun sayang, banyak pekerja yang ‘terjebak’ dalam rutinitas keseharian karena menggantungkan kebutuhan dari gaji pekerjaan sekarang.

Tak ada salahnya untuk mendalami hobi dan kecintaan, yang nantinya bisa memberikan penghasilan untuk menggantungkan hidup. Bagaimana caranya?

Saat ini banyak kursus online yang tersedia. Hal yang perlu menjadi perhatian, tak semua kursus yang memberikan pelatihan sesuai ekspektasi kita.

Survei Kursus online Penyedia Pelatihan

Langkah awal, tentu saja harus meyakinkan diri jika pelatihan akan memberikan sesuatu yang baru, terlebih mendalami ilmu sesuai minat. Survei semua kursus online yang menawarkan pelatihan tersebut.

Cek Harga

Tentu saja, faktor ekonomi adalah alasan utama. Tapi, murah bukan berarti jelek. Mahal juga belum tentu terbaik. Bandingkan harga dengan fasilitas yang mereka tawarkan.

Periksa Track Record dan Relasi

Hal selanjutnya bisa memeriksa rekam jejak dan lihat institusi yang menjadi relasi atau terkait kursus online tesebut. Makin bonafid perusahaan tentu saja akan memberikan tingkat kepercayaan banyak pihak.

Lihat Mentor dan Instruktur

Langkah berikut adalah wajib melihat latar belakang para mentor dan instruktur yang akan membagikan ilmunya dalam pelatihan. Hal ini sangat penting karena akan menentukan sejauh mana proses pengembangan diri tersebut.

Telusuri Jebolan/ Hasil Pelatihan 

Akan ada testimoni dan ulasan para peserta pelatihan yang telah mengikuti kursus online tersebut. Biasanya gampang sekali menilai ulasan yang benar-benar dari para jebolan pelatihan. Lihat perubahan skill sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan.

Sertifikat yang Kredibel

Terakhir, adalah soal sertifikat pasca pelatihan kursus online. Sertifikat ini berguna saat melamar ke sebuah perusahaan atau bisa menjadi legitimasi saat membuka usaha. Jika semua poin tersebut sudah terpenuhi, tak ada salahnya untuk mengikuti kursus online tersebut untuk meningkatkan potensi diri.

Kesimpulan 

Alih Profesi Bersama Arkademi akhir-akhir ini menjadi sorotan pada awal 2023, terlebih di tengah maraknya kursus prakerja. Arkademi memang menjadi solusi bagi para pekerja yang masih merasakan kebimbangan dan dilema ketika hendak berganti karir.

Arkademi.com jaminan menuju sukses karena mentor dan tenaga pengajarnya kapabel, berkualitas dan pengalaman menjadi solusi  untuk beralih karir. Alih Profesi bersama Arkademi jaminan menuju sukses karena mentor dan tenaga pengajarnya kapabel, berkualitas dan pengalaman. Jangan ragu melangkah untuk mencapai cita-cita dan masa depan yang gemilang.

Ikuti kata hati, yakini dan cintai juga apa yang dikerjakan. Bersabar dalam perjuangan, karena kesuksesan berawal dari proses. Lakukan usaha maksimal dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Selebihnya, serahkan semuanya kepada-Nya.

Baca: Tips Career Switch Paling Fundamental

Jadi, apakah anda sudah siap Alih karir atau Ganti Profesi Bersama di tahun 2023? Alih Profesi ARKADEMI jaminan sukses karena mentor dan tenaga pengajarnya kapabel, berkualitas dan pengalaman. (fgt)