Alfamart Indomaret Masuk Mitra, JS Jilat Ludah Sendiri

F. G. Tangkudung
6 Feb 2020 09:37
Berita 0 115
2 menit membaca

Rencana masuknya ritel Alfamart Indomaret masuk Mitra ditanggapi beragam masyarakat. Pro dan kontra kini berkembang dalam perbincangan warga.

Pemerintah Minahasa Tenggara (Mitra) akhirnya mengalah untuk memberi kesempatan kepada Alfamart dan Indomaret untuk membuka gerainya beroperasi di Minahasa Tenggara.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Pasar Mitra, Gothlieb Mamahit menyebut, pemerintah telah memberikan lampu hijau kepada dua ritel besar yang kini merambah seluruh wilayah Sulawesi Utara.

Baca: Vicky Lumentut Hadiri Acara Tulude

“Mereka masuk supaya lebih merangsang pengusaha lokal untuk bersaing secara sehat, serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Mamahit menambahkan, pemkab akan melihat peluang sehingga produk-produk lokal Mitra bisa dijual di kedua ritel tersebut.

Rencana masuknya ritel Alfamart Indomaret masuk Mitra ditanggapi beragam oleh warga Mitra. Pro dan kontra masih saja dilontarkan warga.

“Lebih baguslah kalau Alfamart bisa masuk di Mitra. Bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan menjual produk lokal,” kata Alfiano warga Ratahan.

Pandangan lain, datang dari Marthen Sandag. Warga asal Tombatu ini masih ragu dengan komitmen Pemkab Mitra.

“Saya heran, dulunya Pemkab menentang keras kehadiran dua ritel tersebut. Padahal daerah lain di Sulut sangat menanti kehadiran Alfamart dan Indomaret,” sebutnya.

Dia berharap, ini bukan sebagai manuver politik Bupati James Sumendap. Tetapi komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, James Sumendap sangat menentang keras kehadiran Indomaret dan Alfamart untuk membuka gerainya di Mitra.

Walau ditengarai ada kepentingan politik, saat itu bupati beralasan, kehadiran ritel tersebut akan mengancam UMKM dan pedagang kecil yang ada di Mitra.

“Selama Saya menjadi bupati, jangan harap Alfamaret dan Indomaret bisa beroperasi di Mitra,” kata Sumendap waktu lalu.

Tempat terpisah, Corporate Communication Alfamart, Nur Rachman mengatakan, kehadiran minimarket di daerah juga bisa memberikan keuntungan ekonomi bagi warga sekitar.

Alasannya, selain menyerap tenaga kerja baru, kehadiran minimarket menyediakan berbagai kemudahan seperti pembayaran tagihan air, listrik, telepon, pajak, kredit finansial, pembayaran tiket pesawat.

Dia berharap, kehadiran gerai Alfamart cs di Mitra juga bisa membuka usaha baru.

“Akan ada ruang baru bagi pedagang kecil untuk membuka tenant di sekitar gerai dengan harga yang lebih terjangkau,” pungkas dia.

Penulis : Habel Sirenden


Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *