Agus dan Shanti Juara Catur Cepat Kejurnas

F. G. Tangkudung
20 Mar 2023 00:41
Sport 0 49
3 menit membaca

Pecatur asal Jawa Timur FM Muhamad Agus Kurniawan (Jatim) dan WIM Shanti Nur Abidah (Jateng) menjadi juara catur cepat Kejurnas ke-49, Minggu (19/3/2023) di Jakarta.

Agus mengoleksi 6,5/7 poin hasil 6 kali menang dan sekali remis. Poinnya sama dengan tiga pemain lainnya yakni WFM Norasa Verdiana (Kalsel), NM Dziththauly Ramadhan (Jatim) dan Arif Abdul Hafiz (Jabar). Namun, Agus menang tie break atas tiga pesaingnya tersebut.

Pada ronde terakhir terjadi drama ketika dua pimpinan klasemen, NM Dziththauly Ramadhan (Jatim) dan WFM Norasa Verdiana (Kalsel) yang memiliki poin 6/6 bertemu.

Sementara di meja 2, posisi tiga dan empat Muhamad Agus Kurniawan bertemu Azarya Jodi Setyaki juga memiliki poin sama 5,5/6. Hasilnya Dziththauly dan Norasa berbagi poin, sementara Agus mengalahkan Jodi.

Satu poin tersebut membuat Agus Kurniawan menyamai poin Dziththauly dan Norasa dan berhasil menjadi juara catur cepat kejurnas ke-49.

Sebaliknya, hasil tersebut cukup menyakitkan bagi Jodi, karena dia terlempar ke posisi 15. Dia gagal menciptakan tiga podium di tiga nomor. Sebelumnya Jodi menjadi runner up di catur standard dan menjadi juara di catur kilat.

Hal menarik lainnya tentu saja keberhasilan pecatur wanita WFM Norasa Verdiana (Kalsel) tampil menjadi runner up. Meski sebagai pecatur wanita, dia berani ambil risiko tampil di kategori terbuka yang pesertanya pecatur pria. Hebatnya, dia meraih enam kemenangan dan sekali remis.

Pada Kategori Wanita, WIM Shanti Nur Abidah (Jateng) menjadi yang terbaik. Dia mengungguli WNM Alivia Novyansari (Sumsel) dan WNM Nadya Anggraini Mukmin (Jatim) di posisi dua dan tiga.

Sementara itu, IM Danny, Juswanto (Banten) menjadi pemuncak klasemen nomor kategori veteran di atas pecatur Jawa Tengah Joko Supriyono dan NM Firmansyah (Jabar).

Berlanjut kategori junior U-19 tahun, FM Kemas Ade Krisna Mausyach Suri (DKI Jakarta), M Ariel Davinsyah (Jabar) dan Raden Syafiuddin (Kaltim) berbagi posisi di podium.

WNM Ivana Maria Treopolsa Lasama (Papua ) menjadi yang terbaik di Junior Putri U 19. Dia unggul atas Aulia, Putri Nabila (Lampung) dan WFM  Samantha Edithso (Percasi) di posisi dua dan tiga.

Sekadar informasi, nomor Catur cepat Kejrunas memainkan format swiss 7 ronde dengan waktu 15 m +5s. Pelaksanaan nomor catur cepat tersebut menandai berakhirnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) catur ke-49 yang berlangsung 14-19 Maret 2023 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain catur cepat, Kejurnas juga mempertandingkan nomor catur standar dan catur kilat. Sebanyak 1506 pecatur dari 34 provinsi ikut serta. Jumlah peserta ini mendapatkan gelar Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kejurnas dengan peserta terbanyak.

Baca: Azarya Jodi dan Chelsie Monica Juara Catur Kilat Kejurnas

Tampil sebagai juara umum kontingen DKI Jakarta. Posisi runner up adalah tim Jawa Timur, menyusul DI Yogyakarta di posisi tiga. (BangKipot).