4 Alasan Career Switch

Banyak orang bertanya, kenapa orang yang sudah berada di posisi bagus dalam pekerjaannya justru mengundurkan diri. Sudah tentu, ada alasan tepat untuk career switch.

Ada yang masih berkecimpung di dunia yang sama namun berpindah perusahaan yang baru, namun ada juga yang benar-benar melakukan profesi baru mulai dari nol.

Kini ada dokter jadi pengusaha atau youtuber, tentara yang jadi pelatih sepakbola, insinyur yang jadi politisi atau lainnya.

Fenomena Career Switch, makin lumrah terjadi di era pandemic covid 19. Apa alasan tepat untuk career switch?

Tidak Nyaman

Alasan terbesar orang mundur dari pekerjaannya adalah tidak nyaman atau merasa bebannya terlalu berat. Banyak faktor pemicunya mulai dari gangguan rekan kerja, gaji kecil dan fasilitas tak memadai, sampai pekerjaan yang tak sesuai passion.

Burnout

Sedikit bersinggungan dengan faktor pertama, kondisi burnout atau stres lebih karena kelelahan atas rutinitas harian belasan tahun. Banyak orang sudah berada di level tinggi sebuah perusahaan tiba-tiba mundur, meski pekerjaan tersebut menjadi idaman banyak orang. Mereka merasa makin lama bertahan justru akan membuat dirinya tersiksa dan sakit.

Dari sejumlah testimoni, alasannya beragam. Namun lelah dan bosan atas rutinitas harian jadi faktor utama. Mayoritas mereka ingin berlibur atau menghabiskan waktu dengan orang tersayang, yang selama ini tersita untuk pekerjaan.

Fasilitas Lebih Baik

Ada juga beberapa orang yang terpaksa mengambil keputusan pindah ke perusahaan lain, meski di tempat sebelumnya cukup nyaman. Faktor gaji dan tantangan tentu saja jadi faktor utama. Biasanya, perusahaan barunya lebih besar dan bonafid dari tempat sebelumnya.

Faktor Keluarga

Masalah ini menjadi masalah klasik bagi kebanyakan wanita karir, terlebih di usia muda. Mereka lebih memilih mundur dari pekerjaan sebelumnya karena faktor anak atau suami.

Banyak wanita karir sukses kini beralih menjadi pengusaha atau bekerja dari rumah, agar bisa menikmati perkembangan anak dari waktu ke waktu.

Baca Juga:  KPK Pantau 2 Gubernur yang Hartanya Naik Rp100 Miliar, Olly Termasuk?

Hidup itu pilihan, dengan segala konsekwensinya. Memilih berhenti dari pekerjaan untuk melakoni karir lainnya harus berdasar pertimbangan matang, bukan emosi.

Ada baiknya juga untuk mengukur kemampuan diri, sebelum beralih ke karir yang baru. Tambah skill dan kemampuan dengan membaca atau mengikuti kursus dan pelatihan.

Baca: Tips Career Switch untuk Sukses

Apalagi kini sudah tersedia banyak kursus online dengan sertifikat yang punya legitimasi, yang nantinya berguna untuk melamar pekerjaan atau buka usaha baru. (*)

1 komentar

Komentar ditutup.