Tips Memilih Kursus Online

Tips Memilih Kursus Online

Memiliki pekerjaan yang nyaman dan sesuai passion adalah dambaan semua orang. Apalagi jika hobi bisa memberi penghasilan yang lumayan besar.

Coba lihat bagaimana seorang atlit yang bisa menggantungkan hidup dari hobinya. Atau seorang fotografer yang bisa jalan ke luar negeri hanya untuk memotret. Ada juga gamers atau tukang ngulik komputer yang bisa mendapatkan uang dari hobinya.

Namun sayang, banyak pekerja yang ‘terjebak’ dalam rutinitas keseharian karena menggantungkan kebutuhan dari gaji pekerjaan sekarang.

Tak ada salahnya untuk mendalami hobi dan kecintaan, yang nantinya bisa memberikan penghasilan untuk menggantungkan hidup. Bagaimana caranya?

Saat ini banyak kursus online yang tersedia. Hal yang perlu menjadi perhatian, tak semua kursus yang memberikan pelatihan sesuai ekspektasi kita.

Tips Memilih Kursus Online

Survei Kursus online Penyedia Pelatihan 

Langkah awal, tentu saja harus meyakinkan diri jika pelatihan akan memberikan sesuatu yang baru, terlebih mendalami ilmu sesuai minat. Survei semua kursus online yang menawarkan pelatihan tersebut.

Cek Harganya

Tentu saja, faktor ekonomi adalah alasan utama. Tapi, murah bukan berarti jelek. Mahal juga belum tentu terbaik. Bandingkan harga dengan fasilitas yang mereka tawarkan.

Periksa Track Record dan Relasi

Hal selanjutnya bisa memeriksa rekam jejak dan lihat institusi yang menjadi relasi atau terkait kursus online tesebut. Makin bonafid perusahaan tentu saja akan memberikan tingkat kepercayaan banyak pihak.

Lihat Mentor dan Instruktur

Langkah berikut adalah wajib melihat latar belakang para mentor dan instruktur yang akan membagikan ilmunya dalam pelatihan. Hal ini sangat penting karena akan menentukan sejauh mana proses pengembangan diri tersebut.

Telusuri jebolan atau hasil pelatihan tersebut

Akan ada testimoni dan ulasan para peserta pelatihan yang telah mengikuti kursus online tersebut. Biasanya gampang sekali menilai ulasan yang benar-benar dari para jebolan pelatihan. Lihat perubahan skill sebelum dan sesudah.

Sertifikat yang Kredibel

Terakhir, adalah soal sertifikat pasca pelatihan kursus online. Sertifikat ini berguna saat melamar ke sebuah perusahaan atau bisa menjadi legitimasi saat membuka usaha.

Baca: Tips Career Switch untuk Sukses

Laptop Gaming Terbaik, ASUS ROG

Jika semua poin tersebut sudah terpenuhi, tak ada salahnya untuk mengikuti Kursus online tersebut untuk meng-upgrade potensi diri. Demikian lima tips memilih Kursus online. (*)

 

 

 

1 komentar

Komentar ditutup.