oleh

Sejarah Bitcoin, Satoshi Nakamoto Pelopor Crypto

Lahirnya dunia Crypto identik dengan sejarah Bitcoin, bermula ketika tahun 2008, seorang tokoh anonim dengan nama samaran, Satoshi Nakamoto mengenalkan Bitcoin hasil ciptaannya, dalam tulisan The Cryptography Mailing List.

Bitcoin adalah implementasi mata uang kripto, terinspirasi dari proposal b-money milik Wei Dai serta proposal Bitgold punya Nick Szabo, satu dasawarsa sebelumnya.

Secara sederhana, Bitcoinmerupakan uang elektronik/ digital terdesentralisasi yang menggunakan satu database dari sebuah jaringan peer-to-peer (P2P) dan menggunakan kriptografi untuk keperluan keamanan.

Niatnya, membuat sistem pembayaran tanpa perlu pihak ketiga dan di luar jangkauan intervensi otoritas lain.

Satoshi Nakamoto menciptakan sistem database yang nantinya tekenal dengan nama Blockchain. Blockchain merupakan kumpulan blok yang berisi data transaksi berkait dan terurut satu membuat semacam rantai.

Fungsinya, sebagai sistem penyimpanan data digital berisi hash atau kode alfanumerik yang mewakili data dari algoritma khusus menggunakan kode kriptografi.

Keunggulan teknologi Blockchain menciptakan sistem transaksi menjadi transparan dan lebih aman, berujung pada peningkatan P2P serta

Launching Bitcoin (BTC)

Sejarah Bitcoin (BTC) mulai, ketika hadir pertama kali pada 3 Januari 2009. Waktu itu, harganya  adalah USD 0. Juli 2010, harga BTC menjadi USD 0,09.

April 2011, nilai 1 BTC setara dengan USD 1. Sejak itu harga BTC terus naik walaupun fluktuatif.

Titik puncaknya, ketika April 2021, 1 BTC seharga USD 64.804 atau setara Rp 940 juta. Jumlah Jenis Crypto Sekarang

Sekarang, sudah banyak pilihan mata uang crypto. Dari data, pada Februari 2021, sudah lebih dari 4500 jenis crypto yang ada di seluruh dunia.

Tetapi, tak semua masuk dalam daftar legal di Indonesia. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) baru melegalkan 383 jenis koin. Itu ada dalam Peraturan Bappebti Nomor 11 tahun 2022, tertanggal 8 Agustus 2022.

Kini di Indonesia sudah banyak aplikasi penyedia layanan jual/ beli Crypto, seperti aplikasi PINTU dan masih banyak lagi.

Perlu penekanan, di Indonesia belum mengakui cyptocurency sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini semata bertujuan untuk memberikan informasi seputar dunia kripto, bukan mengajak atau menjamin keuntungan.

Selengkapnya: Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya

Perhatian, jual/ beli kripto adalah investasi berisiko tinggi. Lakukan riset dan pelajari teliti sebelum mengambil keputusan.(*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar