oleh

Masuk Zona Merah, Bupati Boltim Keliling Kampung Pakai Toa

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) saat ini menjadi daerah zona merah (risiko tinggi) penyebaran Covid19.

Tingginya penyebaran Covid19 di Boltim, menjadikan daerah ini menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Utara yang menjadi zona merah.

Kurangnya penerapan protokol kesehatan membuat Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto turun ke kampung-kampung dan menyapa warga.

Menggunakan mobil pick up, Bupati Sam Sachrul Mamonto memberi himbauan kepada warga dengan menggunakan pengeras suara (toa).

Meski panas, tak menyurut semangat Bupati Mamonto untuk ikut menyampaikan himbauan terkait penyebaran Covid19.

Menariknya, Senin (30/8/2021) Sachrul Mamonto berhasil mengunjungi kampung-kampung di tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Modayag, Kecamatan Mooat dan Kecamatan Modayag Barat.

Kepada warga, bupati meminta untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M.

“Saya tak ingin ada warga lagi yang terpapar Covid19, mari kita ikuti anjuran pemerintah, menggunakan masker saat keluar rumah,” ujar Mamonto dari atas mobil.

Setiap kampung yang dikunjungnya, Bupati Mamonto dengan tegas menyampaikan hal terkait bahaya Covid19 dan himbauan yang harus masyarakat lakukan.

“Daerah kita masuk zona merah, dan sudah ada yang meninggal dan sekarang masih banyak yang terpapar Covid19.”

“Saya ajak kita untuk sama-sama mematuhi anjuran pemerintah, sehingga tidak ada lagi yang sakit karena Covid19,” ujar Mamonto.

Tren peningkatan jumlah terpapar Covid19 di Kabupaten Boltim dalam sepekan terakhir sangat tinggi.

Hal ini membuat Kabupaten ini masuk dalam kategori zona merah setelah beberapa bulan menjadi zona orange.

Data Satgas Covid19 Sulut pada 23-29 Agustus 2021 mencatat ada sebanyak 41 orang terpapar Covid19 di Boltim, dan kasus sembuh Covid19 sebanyak 45 orang.

Sementara jika melihat data partisipasi warga Boltim untuk ikut vaksinasi Covid19, masih sangat rendah.

Hingga 29 Agustus, baru sebanyak 12.262 (17,56 persen) warga yang melakukan vaksin pertama. Vaksin tahap dua sebanyak 6.228 (8,92 persen) warga, dan vaksin tahap tiga 49 orang (0,07 persen).

Baca Juga:  Pelantikan Kajur di Politeknik Manado Bermasalah?

Sekadar informasi, per tanggal 29 Agustus 2021 angka Kesembuhan Covid19 di Sulut adalah 87,68 persen. Angka Kematian (Case Fatality Rate ) sebesar 2,93 persen, dan Kasus aktif saat ini sebesar 9,39 persen.

(*/ath)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed