oleh

HUT Kemerdekaan RI, Maurits-Andrei Kompak Bakar Semangat Hadapi Pandemi

Perayaan Hari Ulang Tahun ke 76 Republik Indonesia serentak digelar seantero tanah air, 17 Agustus 2021.

Di Kota Manado, upacara HUT RI berpusat di Lapangan Sparta Tikala. Walikota Andrei Angouw bertindak sebagai inspektur upacara.

Walikota menyebut arti dari makna kemerdekaan yang kita rasakan saat ini sehingga menjadi bangsa yang tangguh.

“Mari kita isi kemerdekaan dengan bekerja dan membangun tanah air kita, dan selalu mengenang jasa pahlawan,” kata Angouw.

Dalam menghadapi pandemi Covid19, Angouw mengingatkan untuk terus mendukung program pemerintah, terutama dalam menunjang vaksinasi.

“Saat ini kita dalam situasi pandemi, sebagai warga negara yang baik kita senantiasa mendukung pemerintah dalam pemberantasan penyebaran Covid19,” ujarnya.

Sementara itu, upacara HUT kemerdekaan RI juga digelar oleh Pemerintah Kota Bitung, yang berpusat di Kantor Walikota.

Walikota Maurits Mantiri yang bertindak sebagai pemimpin upacara, turut membakar semangat warga Bitung dalam menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi pandemi.

Dalam pidatonya, Maurits menyebut tema kemerdekaan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh merupakan semangat bagi rakyat Indonesia dalam menghadapi pandemi.

“Mari kita pantang menyerah dalam mengisi nilai-nilai kemerdekaan, maju bersama dalam memutus penyebaran Covid19,” ujar Maurits.

Menariknya, kegiatan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Kota Bitung diakhiri dengan penampilan Kevin Hansang yang bermain biola.

Kevin merupakan mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, yang lolos dalam audisi Orkestra Gina Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Pria yang mengambil studi musik gereja ini merupakan salah satu dari puluhan orkestra terbaik di Indonesia, juga tampil dalam upacara detik-detik proklamasi di Istana Jakarta.

Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini merupakan yang kedua kali pelaksanaannya dalam situasi pandemi Covid19.

Pejabat Pemerintahan baik Kabupaten/Kota ikut dalam upacara dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Sementara seluruh ASN dan THL pemeritahan, mengikuti upacara melalui live streaming atau menggunakan aplikasi Zoom Cloud meeting.

Walau demikian, makna dari hari kemerdekaan tidak mengurangi semangat dan cita-cita seluruh masyarakat Indonesia, terutama dalam menjalani kehikdupan dalam situasi pandemi.

Baca Juga:  Kapal Sam Ratulangi Dijual Jadi Besi Tua

(mir/oka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed