oleh

Resmi Beroperasi, Pasar Rakyat Buha Jadi Pusat Ekonomi Baru

-Berita-224 kali dibaca

Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, resmi mengoperasikan Pasar Rakyat Buha, Senin (22/3/2021).

Walikota Manado, Vicky Lumentut meresmikan langsung pasar Buha, yang akan menjadi sentra ekonomi baru, khususnya di Wilayah Kecamatan Mapanget.

Baca: Pasar Tuminting Bakal Relokasi di Depan TPA Sumompo

Kepada pedagang yang akan menempati lapak di Pasar Buha, Walikota Lumentut menitip pesan untuk menjaga dan merawat pasar ini.

“Ini merupakan Pasar Rakyat Buha dan saya berharap pedagang yang berjualan, untuk merawat dan menjaga semua fasilitas di tempat ini,” kata Lumentut.

Keberadaan Pasar Buha menurut Walikota akan menjadi sentra ekonomi baru, terutama bagi masyarakat sekitar.

“Kehadiran pasar ini saya harap bisa menjadi sentra baru perekonomian Kota Manado, lebih khusus kepada masyarakat sekitra,” ujarnya.

Pasar Rakyat Buha menjadi tempat relokasi pedagang Pasar Tuminting yang telah ditutup oleh Pemkot Manado, Minggu (21/3/2021).

Pantauan newsantara.id, Petugas dari PD Pasar melakukan penutupan akses ke dalam pasar, dengan cara memasang seng pada depan pasar.

Di waktu yang sama, para pedagang pasar Tuminting melakukan ujuk rasa di depan Kantor DPRD Kota Manado.

Sekadar informasi, Pemkot Manado mulai membangun Pasar Buha sejak 10 September 2019, dengan menelan anggaran Rp3 miliar.

Pasar ini terletak tepat depan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Kilo 5 Sumompo.

PD Pasar akan menjadi pengelola Pasar Rakyat Buha, setelah Pemkot menyerahkan operasional kepada PD Pasar pada 17 Februari 2021 lalu.

Direktur Umum PD Pasar, Stenly Suwuh menyebut pedagang relokasi dari Pasar Tuminting akan menjadi prioritas untuk menempati lapak.

“Ada ratusan pedagang dari Pasar Tuminting yang berjualan disini. Mereka menjadi prioritas bersama warga sekitar pasar,” ujar Suwuh.

Saat peletakan batu pertama pembangunan, Walikota Manado, Vicky Lumentut menyebut Pasar Rakyat Buha bakal mendapat fasilitas-fasilitas yang memadai dan modern.

Pasar ini akan kami lengkapi dengan ruang belajar anak, Poli kesehatan, ruang khusus lansia, dan sarana penunjang lainnya, kata Lumentut waktu itu.

Baca Juga:  Putra Tetty Paruntu Jadi Pengurus Pusat AMPG 

Walikota berharap, warga yang berjualan dan berbelanja di Pasar Buha, akan merasa aman dan nyaman saat melakukan transaksi dan.

(ath/oka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed