oleh

Curah Hujan Tinggi, Ini Pesan Walikota Manado

Selang seminggu terakhir, Kota Manado diguyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi.

Baca: Ini Daftar Lengkap Tempat Wisata di Manado

Akibatnya, salah satu rumah di Kelurahan Ranomuut, Kecamatan Paal Dua Manado, ambruk setelah ditimpa longsor akibat hujan keras.

Pemerintah Kota Manado langsung turun memberikan bantuan yang dipimpin langsung Walikota Vicky Lumentut, dengan mengunjungi warga yang tertimpa bencana tanah longsor, Senin (12/10/2020) pagi.

Selain memberikan bantuan kepada korban longsor, Walikota Vicky Lumentut juga berpesan kepada warga sekitar, untuk tetap waspada dengan cuaca.

“Kita tahu bahwa Manado dilanda cuaca ekstrim yang mengakibatkan hujan. Saya imbau warga untuk tetap waspada akan terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor,” kata Lumentut.

Ditambahkannya, menurut BMKG, Kota Manado masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang dengan disertai angin kencang untuk beberapa hari ke depan.

“Data BMKG menunjukkan masih akan terjadi hujan dan angin kencang yang terjadi beberapa hari kedepan. Oleh Karena itu kita semua patut waspada,” lanjutnya.

Lumentut juga meminta warga untuk segera melaporkan setiap kejadian kepada Kepala Lingkungan dan Lurah, bila terjadi banjir atau tanah longsor yang menimpa warga.

“Saya sudah perintahkan semua Pala, Lurah dan Camat untuk aktif turun memantau situasi warga, terutama mereka yang tinggal di daerah yang berpotensi terjadinya banjir dan longsor,” pungkas walikota dua periode ini.

Pantauan Newsantara.id, Pemkot Manado sedang melakukan perbaikan drainase yang ada di Kota Manado.

Seperti yang terpantau di Kelurahan Kampung Islam, ada beberapa petugas sedang mengeruk drainase yang sudah tertimbun dengan tanah dan pasir.

Menurut petugas, pengerukkan ini diharapkan bisa membuat saluran air dapat menampung dan mengalirkan air, apabila Manado dilanda hujan.

Dua minggu terakhir cuaca di Kota Manado tidak menentu. Hujan yang turun secara tak terduga dengan intensitas sedang bahkan tinggi membuat sebagian wilayah Manado mengalami banjir lokal.

Baca Juga:  Terapkan Karantina Wilayah, Pemkot Manado Tegas dan Tidak Main-main

Hingga kini, permasalahan penanggulangan banjir di Kota Manado belum sepenuhnya berhasil ditangani oleh Pemkot Manado.
Wilayah-wilayah seperti, Stadion Klabat, Sario, Tikala dan Ranomuut adalah sebagian wilayah di Manado yang menjadi langganan banjir apabila terjadi hujan.(oka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed